Sukses

Kenapa Minum Kopi Bisa Bikin Perut Mulas?

Rasa ingin buang air besar setelah minum kopi bisa dijelaskan secara ilmiah.

Liputan6.com, Jakarta - Kopi merupakan minuman dengan aroma sangat khas dan digemari hampir sebagian besar masyarakat dunia. kebanyakan orang. Banyak orang yang menikmati kopi di pagi atau malam hari.

Kopi juga menjadi penawar rasa lelah di tengah penatnya aktivitas. Namun, terkadang ada orang yang merasa tidak nyaman dengan lambungnya setelah minum kopi. Bahkan ada sebagian orang, mungkin termasuk Anda, yang merasa ingin buang air Kenapa itu bisa terjadi?

Dilansir dari Live Science, Jumat 4 Januari 2019, rasa ingin buang air besar setelah minum kopi bisa dijelaskan secara ilmiah. Sejumlah hasil penelitian menyimpulkan kalau kopi memang bisa memicu keinginan buang air besar.

Itu karena sifat asam pada kopi berpengaruh pada kondisi lambung. Kopi mengandung clorogenic acid yang meningkatkan level asam lambung. Hal itu membantu tingkat keasaman di perut dalam mengeluarkan kotoran lebih cepat.

Itu yang jadi alasan utama banyak orang yang ingin segera buang air besar setelah minum kopi.Kopi juga mendorong munculnya reaksi gastrocolonic beberapa menit setelah dikonsumsi.

Kopi dapat membantu pelepasan gastrin, hormon yang diproduksi perut dan berguna untuk meningkatkan aktivitas usus besar. Jadi, kalau ada yang merasa mulas dan ingin buang air besar setelah minum kopi itu hal yang wajar saja. Bagaimana dengan Anda?

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.