Sukses

Detail Kostum Nasional yang Bakal Dipakai Aluna Rifani di Ajang Miss Intercontinental 2019

Bicara tentang tokoh mitologi Jawa yang jadi inspirasi, hingga asa sang desainer saat Aluna Rifani pakai kostum nasional di ajang Miss Intercontinental 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Di antara segudang persiapan Aluna Rifani guna mengikuti ajang Miss Intercontinental 2019 di Manila, Filipina, kostum jadi salah satu komponen yang tentu telah diperhitungkan. Dari sekian banyak busana, lampu sorot atensi publik beberapa waktu lalu mengarah pada tampilan kostum nasional yang bakal dikenakan runner-up Miss Earth Indonesia 2018 tersebut.

Busana dengan perpaduan warna gold, cokelat, dan merah itu merupakan buah karya desainer Eggie Jasmin Couture Artisan. Pada Liputan6.com, Eggie bercerita mulai ide, hingga harapan pemakaian busana yang dimaksud di kontes kecantikan bergensi tersebut.

Mengangkat tokoh mitologi Jawa, Nagini atau Nagaini, sang desainer mengucap, ia memang pengagum cerita legenda. Dari situ, Eggie pun menerjemahkan kekagumannya dalam bentuk baju. "Saya sangat menjaga karakter. Memang nggak mau kostum nasional yang terkesan terlalu karnaval," katanya lewat sambungan telepon, Selasa (8/1/2019).

Kesan elegan busana itu pun dijaganya lewat pemilihan fabric yang tidak sembarangan. Gambaran kepribadian anak raja ular itu pun kental diperlihatkan Eggie di bagian dada baju, mahkota, jubah, dan topeng yang dikenakan Aluna.

"Dada itu saya buat seolah membentuk sisik dengan detail warna gold. Karena ceritanya kan Nagini itu adalah putri ular bersisik emas yang punya kekuatan untuk berubah wujud jadi perempuan," cerita Eggie.

Tak sampai di situ, inspirasi tokoh mitologi yang bukti keberadaannya disebut ada di teks-teks kuno Jawa ini juga terepresentasi di mahkota dan topeng. Sesuai cerita, topeng tersebut bisa menyala. "Jadi, kalau Nagini mau berubah dari ular ke manusia atau sebaliknya, dia pakai topeng itu," tambah Eggie.

Sangat memerhatikan detail, Eggie Jasmin menyusun deretan material di kostum nasional ini dengan sangat jeli. Susunan batu permata ragam warna pun telah diperhitungkan untuk menunjang penampilan Aluna Rifani di ajang Miss Intercontinental 2019.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembuatan Kostum Nasional yang Akan Dipakai Aluna Rifani di Ajang Miss Intercontinental 2019

Selaku desainer, Eggie Jasmin mengatakan, kostum nasional yang diboyong Aluna Rifani ke ajang Miss Intercontinental 2019 dibuat dalam waktu tiga minggu. "Fitting cuma satu kali dan langsung pas sama Aluna," katanya.

Mengerjakan busana yang secara nyata memperlihatkan kredibilitas, Eggie mengaku sangat bersemangat dan bertekad memperlihatkan sisi berbeda dan segar dari deretan kostum nasional negara lain.

Ia mengatakan, lewat busana yang dirancang begitu detail dan mendapat sambutan hangat dari publik, penampilan kontestan Indonesia di ajang kecantikan tersebut harusnya sudah memiliki bekal untuk jadi sorotan dunia.

Dalam kesempatan itu pula, Eggie hendak menunjukan kemampuan desainer Indonesia dalam merancang busana. Terlebih tokoh Nagini beberapa waktu sempat heboh dibicarakan, lantaran jadi inspirasi JK Rowling dalam menciptakan salah satu karakter di film Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald.

"Desainer Indonesia itu sangat serius dalam membuat rancangan. Dengan momentum karakter Nagini yang muncul di film, saya berharap sutradara Hollywood juga mau melirik desainer-desainer kita yang punya potensi luar biasa. Apalagi kalau yang diceritakan memang legenda dari Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, ia juga menyisipkan asa saat Aluna akhirnya memakai kostum nasional tersebut. Dengan detail yang sudah diperhitungkan sedemikian rupa, Eggie berharap kemunculan Aluna lagngsung bisa memikat hati.

Pembuatannya yang juga sangat-sangat detail diharapkan Eggie bisa menambah kepercayaan diri mahasiswi Universitas Gajah Mada tersebut ketika mengenakan kostum nasional terinspirasi tokoh miologi Jawa tersebut.

Sebagaimana diketahui, pada Selasa (8/1/2019), Aluna Rifani telah bertolak ke Manila, Filipina, untuk menjalani masa karantina bersama 90 finalis dari seluruh negara hingga 25 Januari 2019. Malam penobatan Miss Intercontinental 2019 baru akan berlangsung pada 26 Januari 2019 di Mall of Asia Arena, Manila, Filipina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.