Intip Istana Negeri Kubang Kerian, Rumah Megah Sultan Muhammad V yang Baru Turun Takhta

Oleh Henry Hens pada 08 Jan 2019, 09:45 WIB
Istana Negeri Kubang Kerian

Liputan6.com, Jakarta - Setelah rumor beredar cukup lama di media sosial, Sultan Muhammad V secara resmi telah turun takhta pada Minggu, 6 Januari 2019. Meninggalkan Kuala Lumpur, ia kembali pulang ke kediaman di Kelantan, Malaysia.

Lelaki yang baru menikahi mantan ratu kecantikan asal Rusia, Oksana Voevodina, ini tinggal di Istana Negeri Kubang Kerian, salah satu istana di Kota Bharu, Kelantan. Dilansir laman thestar.com.my, Selasa (8/1/2019), istana ini merupakan tempat beberapa upacara resmi Kerajaan Kelantan diselenggarakan.

Kunjungan pejabat dan pertemuan dengan pemerintah Kelantan juga dilakukan di sini. Muhammad Ismail Ibrahim, warga Kelantan yang pernah bekerja sebagai penulis konten di Perbadanan Menteri Besar Kelantan (PMBK) mengungkap tampilan istana yang dimaksud di blognya, The Kelantan Times, dalam bentuk galeri foto.

Sebagaimana terlihat, bagian depan istana tersebut didominasi warna kuning keemasan dengan kubah di atas gerbang masuk. Terdapat enam sisi dinding putih bercorak kerucut, juga pagar hitam siap menyambut siapapun yang datang.

Setelah masuk ke halaman, terdapat taman yang penuh dengan warna hijau. Di satu sisi, ada jalan setapak dengan jajaran pohon di kanan-kirinya. Sementara itu, bagian interior bangunan tersebut tak kalah mewah.

Tampilan ini terungkap lewat unggahan Shamsul Hidayat Omar di laman berbagi foto 500px.com yang saat itu bekerja sebagai fotografer acara pertunangan adik perempuan Sultan Muhammad V, Tengku Amalin Aishah Putri dan Pengiran Muda Abdul Qawi.

Ruangan yang ia potret adalah ruang tamu, di mana terlihat banyak sofa dan meja di bagian kiri dan kanan. Di tengahnya, ada karpet berwarna biru beraksen emas yang menjalar hingga tangga penghubung balkon di ujung ruangan.

Lampu kristal bergelantungan menghiasi ruangan tersebut. Lantainya pun berlapis marmer. Jendela dengan bentuk kubah memenuhi kiri dan kanan ruangan tersebut. Tak lupa, tirai berwarna emas dengan aksen biru menghiasi tiap jendela di istana Sultan Muhammad V(Esther Novita Inochi)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: