Penjelasan di Balik Pasangan Suka Berpegangan Tangan

Oleh Putu Elmira pada 06 Jan 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 08 Jan 2019, 15:13 WIB
Penjelasan di Balik Pasangan Suka Berpegangan Tangan

Liputan6.com, Jakarta - Setiap pasangan, baik yang masih pacaran atau sudah menikah, memiliki cara tersendiri untuk mengungkapkan rasa sayang juga perhatian. Salah satunya adalah dengan bergandengan atau pegangan tangan.

Hal ini sangat wajar dilakukan karena menggenggam atau memegang tangan pasangan wujud dari rasa cinta. Namun, apa yang membuat pasangan selalu ingin berpegangan tangan di mana saja?

Dilansir dari Seventeen, memegang tangan pasangan dapat menurunkan tingkat stres. Hal ini juga sebagai salah satu bentuk komunikasi non-verbal.

Adanya kontak fisik seperti memegang dan menggengam tangan merupakan cara sederhana menenangkan seseorang dari kekhawatiran dan juga rasa cemas. Ini terbukti secara psikologi.

Sebuah penelitian yang dilakukan Clinical Psychologist Dr. James Coan menemukan bahwa orang yang memegang tangan seseorang yang dicintainya dapat menurunkan stres dan membuat pasangan tenang.

Selain itu, penelitian lainnya yang dilakukan psikolog Matthew Hertenstein juga menemukan bahwa memegang tangan pasangan mampu mengirim sinyal emosional sebagai bentuk komunikasi non-verbal yang menunjukkan dirinya sedang butuh dukungan.

Sementara itu, tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif. Ada begitu banyak sensor saraf dan reseptor yang menghubungkan dengan otak. Maka tidak heran ketika pasangan selalu ingin berpegangan tangan.

Bahkan orang yang sedang tidak jatuh cinta pun juga ingin digenggam tangannya ketika ia tengah membutuhkan dukungan serta menenangkan diri. Lantas, apakah cara ini yang juga Anda lakukan pada pasangan? (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Live Streaming

Powered by