17 Kata-kata Bijak Kehidupan yang Bikin Harimu Semakin Berwarna dan Penuh Semangat

Oleh Liputan6.com pada 05 Jan 2019, 13:29 WIB
Diperbarui 07 Jan 2019, 13:13 WIB
Semangat bekerja (Ilustrasi iStock)

Liputan6.com, Jakarta “Ku kejar prestasi itu, seribu langkah kupacu, (ayo lari), ya aku lari, (ayo lari), tak dapatkah sejenak, hentikan ambisimu, lihatlah peluhku, tegaklah hatiku” itulah sepenggal lirik lagu dari band God Bless bisa dijadikan kata-kata bijak kehidupan yang memiliki arti untuk terus berlari, bangkit walau seribu satu problema menyesak di dalam dada namun harus tetap bertahan walau terkadang dipaksakan.

Seperti Kata Dewa 19 “hidup adalah perjuangan tanpa henti-henti, usah kau menangisi hari kemarin. Tak ada yang jatuh dari langit dengan cuma-cuma, semua usaha dan doa, kegagalan hari ini bukanlah berarti kegagalan esok hari”. Kehidupan yang begitu dinamis seringkali membawa persoalan-persoalan hidup yang sama sekali tidak diinginkan. Jangankan menginginkannya, tak jarang persoalan-persoalan tersebut nyaris tidak pernah terlintas di benak kita sebelumnya.

Bagi pribadi yang belum dewasa, persoalan hidup dipandang sebagai akhir dari kehidupan bahkan memacu keinginan melarikan diri dari realita kehidupan yang ada dengan cara-cara yang merugikan diri sendiri dan orang di sekitarnya. Namun, bila kamu adalah pribadi yang telah dewasa, persoalan hidup akan dipandang sebagai hal biasa yang harus dihadapi dan syukuri. Kamu tahu kapan harus bersedih dan kapan harus menjadi kuat.

Terkadang kamu merasa lebih lega ketika menemukan orang yang berempati kepada kehidupanmu. Rasa empati itu bisa saja dalam bentuk perhatian, bantuan, ataupun memberikan kata-kata bijak untuk membantu menyemangati.

Wajar saja, dalam hidup seringkali merasakan jatuh bangun dan pahit getirnya kehidupan. Ketika manusia berada pada posisi yang sangat terpuruk, tentu saja ia akan sangat membutuhkan dorongan dan semangat untuk bangkit, butuh suara atau semangat dari siapa saja orang terdekatnya untuk bisa bersemangat lagi.

Walau hidup yang sekarang ini tidaklah mudah untuk dijalani, karena itu jadilah seperti batu karang yang tetap keras walau dihadang ombak dan jadilah sang pemenang yang tak pernah terkalahkan.

Oleh sebab itu kadang seseorang membutuhkan kata-kata bijak kehidupan sebagai sebuah penyemangat dalam menghadapi masalah. Walaupun kelihatannya sepele, namun bagi sebagian orang nyatanya mendengar dan membaca kata-kata bijak kehidupan bisa memberikan semangat tersendiri. Buat kamu yang sedang memiliki masalah, jangan menyerah. Berikut Kata-kata bijak kehidupan yang dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (5/1/2019), siap menyemangatimu.

2 of 5

Tuhan tidak akan memberikan cobaan yang tidak mampu ditanggung umatnya

Ilustrasi berdoa (iStock)
Ilustrasi berdoa (iStock)

1. Tuhan akan memberikan keajaiban

Tuhan selalu memberikan petunjuk kala kita sedang dirundung masalah. Carilah petunjuk itu jika engkau menginginkan keajaiban terjadi padamu.

2. Kamu tidak sendiri

Jangan pernah merasa sepi atau sendiri, karena sejatinya kamu tidak benar-benar sendiri. Sekiranya tidak ada manusia yang membantu, masih ada tuhan yang menemani kita.

3. Lebih penting cinta kepada yang di Atas

Dalam hidup, yang terpenting bukanlah cinta mahkluk melainkan cinta tuhan Yang Maha Esa

4. Perlahan-lahan saja.

Sukses tidak dalam semalam. Saat anda setiap hari sedikit lebih baik dari sebelumnya. Itu semua sudah bertambah.

5. Gagal itu biasa

Kegagalan memberi kekuatan. Rasa sakit adalah motivasi.

3 of 5

Bersyukur adalah kunci

[Bintang] Ilustrasi Mimpi
Jangan Berhenti Bermimpi

6. Jangan lupa banyak bersyukur

Syukuri apapun yang kamu miliki saat ini, dan mulailah untuk memperbaiki setiap kesalahan yang pernah dibuat di masa lalu untuk menjadi lebih baik di masa depan.

7. Teruslah bermimpi, bangun dan gapailah setiap mimpimu

Maafkanlah sikapmu ketika kamu tengah gagal meraih mimpi, percayalah aka nada banyak mimpi yang lebih besar dan lebih baik dari mimpi yang pernah kamu rancang sebelumnya.

8. Bahagia itu sederhana

Kebahagiaan itu ada, jika kamu mau menjemputnya.

9. Asal dia bahagia

Jangan pernah bosan untuk tetap membuat seseorang menjadi bahagia, sekalipun kamu harus memutuskan pergi dari kehidupannya

10. Selalu jadi diri sendiri

Jadilah pekerja keras yang selalu percaya pada kemampuan diri sendiri. Jangan jadi orang yang selalu berlindung di balik orang lain.

 

4 of 5

Beranilah untuk bermimpi dan mencoba hal baru

[Bintang] PT Taspen Buka Lowongan Kerja, Ini 7 Syaratnya
(Ilustrasi: Pexels.com)

11. Beranilah untuk mencoba

Ketika kamu hanya akan melakukan apa yang kamu bisa dan hanya apa yang kamu tahu, maka dirimu haya bisa melakukan hal-hal yang biasa. Namun sebaliknya, jika berani mencoba maka dirimu akan mendapatkan hal-hal yang luar biasa.

12. Wujudkan setiap mimpimu

Ketika kamu bermimpi, jangan pernah takut untuk bermimpi setinggi-tingginya, karena ketika Tuhan berkehendak engkau bermimpi setinggi-tingginya, berarti Dia pun berkehendak bahwa kamu bisa mewujudkannya.

13. Masalah itu mendewasakan

Ketika banyak permasalahan yang menghampiri dirimu, janganlah meminta untuk lekas dihilangkan. Tapi mintalah agar bisa menjadi lebih dewasa.

5 of 5

Berpikir positif adalah kunci sukses

Pikiran Positif
Mulai hari dengan pikiran dan kehidupan positif

14. Sekaranglah saatnya

Jika bisa menjadi sukses sewaktu muda, kenapa harus menunggu usia tua?

15. Stay think positive

Jauhilah orang yang banyak berfikir negative karena dari sana akan muncul masalah dari sebuah solusi yang ada.

16. Senyum itu ibadah

Senyum yang sering muncul itu bukan berarti senyum tanda kebahagiaan, melainkan bentuk rasa syukur atas rahmat tuhan. Jangan lupa senyum hari ini.

17. Hidup hanya sekali

Hidup hanya sekali, lakukanlah yang terbaik, usaha yang maksimal dan buat bahagia semua orang.

 

Reporter: Heri Setiawan

Lanjutkan Membaca ↓