Sukses

Hilangkan Beruntusan dengan 4 Cara Efektif

Ada empat cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan beruntusan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta – Beruntusan jadi masalah yang sering terjadi pada kulit. Selain minyak yang berlebih pada kulit, penyebab lain adalah tersumbatnya pori-pori oleh sel kulit mati. Sumbatan itu bisa disebut dengan komedo.

Selain kulit tak merata, beruntusan pada wajah juga membuat tekstur kulit kasar. Bagi banyak orang, tampilan kulit seperti itu akan sangat menganggu penampilan, karena tak mudah untuk ditutupi dengan makeup.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena masih ada cara lain untuk mengatasinya. Berikut empat cara efektif untuk menghilangkan beruntusan pada kulit.

Lakukan Double Cleansing

Langkah awal untuk mengatasi beruntusan adalah dengan cara membersihkan wajah. Penumpukan makeup dan debu mampu menyumbat pori-pori dan perlahan menimbulkan beruntusan. Saat melakukan double cleansing, pastikan agar kulit benar-benar bersih secara optimal.

Lakukan Eksfoliasi

Langkah berikutnya adalah eksfoliasi. Ini merupakan langkah perawatan kulit yang mampu mengangkat sel kulit mati. Pilih produk yang mengandung Beta Hydroxy Acid (BHA) bisa digunakan untuk perawatan wajah bruntusan. BHA merupakan asam salisilat yang larut dalam minyak sehingga bisa membersihkan pori-pori dan lapisan kulit lebih mendalam.

Untuk jenis kulit yang cenderung kering, gunakan Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang membantu melembabkan kulit sekaligus mengelupaskan dengan lembut di permukaan kulit. Kedua eksfoliator tersebut mampu mengeksfoliasi kulit secara optimal.

Gunakan Obat Jerawat

Pilih obat jerawat dengan kandungan benzoyl peroxide yang dapat membunuh kuman penyebab kulit berjerawat atau beruntusan. Gunakan di malam hari untuk menjadikan produk tersebut bekerja lebih optimal.

Gunakan Pelembab

Penggunaan pelembab mampu mengatasi beruntusan dan membuat tekstur kulit lebih baik. Kulit yang hidrasinya terpenuhi akan lebih seimbang sehingga produksi minyak pada wajah lebih baik dan optimal.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.