Sukses

Gelar Gladi Bersih, Persiapan Dhaup Ageng Putra Paku Alam Hampir Rampung

Dengan digelarnya gladi bersih, persiapan Dhaup Ageng nyaris rampung. Panitia tinggal mengevaluasi kekurangan yang ada.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai persiapan sudah dilaksanakan menjelang pernikahan putra sulung Paku Alam X, BPH Kusumo Bimantoro yang akan menjalani Dhaup Ageng (pernikahan agung) dengan kekasihnya, Maya Lakshita Noorya pada Sabtu, 5 Januari 2018.

Dua hari menjelang prosesi Dhaup Ageng, persiapan yang dilakukan semakin mantap. Pada 2 Januari 2019, Kadipaten Pakualaman menggelar gladi bersih di Kagungan Dalem Pura Pakualaman.

Dilansir dari Pakualaman.id, kegiatan gladi bersih dilakukan pada sore hari dan diawali oleh pengarahan kepada sejumlah anggota dinas pemerintahan DI Yogyakarta, yang ikut menjadi panitia penyelenggara Dhaup Ageng.

Ketua Bidang III yang mengurusi bagian teknis dan adat Dhaup Ageng, K.R.T. Suryo Hadikuswoyo atau Pak Anto menjelaskan kalau kegiatan gladi bersih tersebut dilakukan tiga tempat di kawasan Kagungan Dalem Pura Pakualaman. Pertama di Bangsal Sewotomo untuk para peraga dan penerima tamu yang memperagakan prosesi Panggih.

Kedua di Kepatihan Kadipaten Pakualaman, untuk memperagakan prosesi siraman dan yang terakhir di wilayah Masjid Agung Pakualaman untuk prosesi ijab kabul. Dengan digelarnya gladi bersih tersebut, persiapan Dhaup Ageng sudah mencapai 80 hingga 90 persen atau nyaris rampung.

Panitia hanya tinggal mengevaluasi kekurangan yang ada. Sebelumnya, gladi kotor Dhaup Ageng sudah digelar pada Minggu, 23 Desember 2018, dan Rabu, 26 Desember 2018 di Bangsal Sewotomo, Kagungan Dalem Pura Pakualaman.

Gladi kotor pertama hanya diikuti oleh para peraga yang terdiri dari kedua mempelai, keluarga Paku Alam X, keluarga besan dan para abdi dalem. Sementara, gladi kotor yang kedua, peraga yang ikut serta lebih banyak, ditambah oleh penari dan pemain karawitan Jawa.

Rangkaian prosesi Dhaup Ageng putera pertama K.G.P.A.A. Paku Alam X akan dimulai pada hari ini, Jumat (4/1/2019) sampai 7 Januari 2018. Prosesi yang akan digelar antara lain siraman, panggih, ijab dan resepsi Dhaup Ageng.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.