Sukses

Sosok Dorcas Kasinde, Miss Africa 2018 yang Rambutnya Terbakar Saat Penobatan

Lebih dalam mengetahui sosok Miss Africa 2018, Dorcas Kasinde yang sempat mengalami insiden rambut terbakar ketika penobatan pemenang.

Liputan6.com, Jakarta - Miss Kongo, Dorcas Kasinde berhasil menyabet gelar sebagai Miss Africa 2018 yang dilaksanakan di Criss River State, Nigeria, Jumat, 28 Desember 2018 lalu. Ia mengungguli kedua pesaingnya yaitu Chiamaka Nnaemeka dari Nigeria dan Gladys Kayumba dari Zambia.

Selain euforia malam penobatan, ada pula insiden mengejutkan yang menimpa Dorcas. Rambut palsu perempuan berusia 24 tahun ini terbakar saat kembang api yang jadi selebrasi kemenangannya.

Dorcas terlihat panik saat rambut palsunya menyala usai terkena percikan kembang api. Kejadian ini juga membuat penonton berteriak ketakutan. Panitia pelaksana acara pun sigap dan berhasil memadamkan api dalam waktu singkat.

Setelah insiden itu, acara dilanjutkan dan Dorcas terlihat tetap tenang. Ia berhak membawa pulang hadiah uang sebesa 35 ribu dolar AS atau sekitar Rp 507 juta dan sebuah mobil sport.

Lantas, siapa sosok Dorcas Kasinde? Melansir dari missafrica.tv, Kamis (3/1/2019), Dorcas mewakili Kongo dalam kontes Miss Africa 2018. Ia adalah seorang lulusan Studi Manajemen.

Dorcas mempunyai tujuan untuk berwirausahan dan kecintaan mendalam pada ragam budaya serta fashion. Ia mendeskripsikan diri sebagai seorang pendengar yang baik, perfeksionis, serta percaya bahwa memaafkan sebagai kunci dari perdamaian.

Selain itu, Dorcas juga memiliki beberapa rencana terkait hadiah uang yang didapatkan dari kemenangan. Sebut saja ingin menjadi sosok yang menyuarakan dan sebagai advokat untuk hak perempuan.

"I will give a certain percentage of my money to Kulisha foundation and Mihigo Foundation in the DRC that has the same vision as me and to other associations around the continent that has the same goal (Saya akan memberi beberapa persen dari uang saya kepada Yayasan Kulisha dan Yayasan Mihigo di DRC yang memiliki visi yang sama dengan saya dan asosiasi lainnya di seluruh dunia yang punya tujuan sama)," jelas Miss Africa 2018 ini.

Sementara, Dorcas Kasinde juga merupakan ambassador dari brand aksesori asal Prancis bernama Maison Mondele. Sang Miss Africa 2018 ini juga menjadi co-founder dari mll'arts, sebuah platform yang dibuat untuk menciptakan hubungan antara pecinta lukisan dan pelukis Kongo yang bekerja di Republik Demokrasi Kongo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.