Sukses

5 Manfaat Minyak Wijen untuk Masakan

Minyak wijen bisa digunakan dalam masakan untuk membuat hidangan dengan aroma yang lebih lezat.

Liputan6.com, Jakarta - Minyak wijen merupakan minyak esensial dari biji wijen. Kita bisa menemukan dua jenis minyak wijen di pasaran. Ada yang terbuat dari wijen mentah dengan warna yang lebih bening.

Ada juga minyak wijen yang terbuat dari biji wijen sangrai dengan warna yang lebih keruh dan punya aroma yang lebih harum.Minyak wijen bisa digunakan dalam masakan untuk membuat hidangan dengan aroma yang lebih lezat. Cara penyimpanan minyak wijen pun cukup mudah.

Minyak wijen bisa disimpan dalam botol kaca dan ditaruh di tempat sejuk.. Selain itu minyak wijen juga dapat digunakan untuk mencegah masakan supaya tidak cepat basi. Berikut ini ada lima manfaat minyak wijen untuk masakan.

Menghilangkan Bau Amis

Selain menggunakan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon untuk menghilangkan bau amis pada daging ayam, kita juga bisa menambahkan minyak wijen secukupnya. Aroma minyak wijen bisa menetralkan bau amis pada daging dengan cukup efektif.

Membuat Tumisan

Kita bisa menggunakan minyak wijen secukupnya untuk menumis masakan. Tinggal panaskan minyak wijen di wajan, lalu langsung masukkan bumbu dan aneka bahan makanan yang diolah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membuat Nasi Goreng Lebih Sedap

Anda bisa menumis bumbu nasi goreng dengan minyak wijen. Rasa nasi goreng bisa terasa lebih sedap dan lezat bila dengan menggunakan minyak wijen secukupnya.

Mencegah Mie agar Tidak Lengket

Anda bisa menambahkan minyak wijen pada air rebusan untuk pasta atau mie. Selain bisa mencegah agar pasta atau mie tidak lengket, minyak wijen juga bisa membuat pasta atau mie jadi terasa lebih kenyal.

Membuat Mie Ayam Lebih Lezat

Racikan bumbu ayam bisa ditambah dengan minyak wijen untuk membuat rasa dan aromanya jadi lebih lezat. Bukan itu saja, penambahan minyak wijen ini bisa mencegah mie agar tidak lengket saat dicampur dengan bumbu.  (Endah Wijayanti/Fimela.com)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.