Sukses

Mau ke Pangandaran? Ada Promo Tiket Rp 1 Untuk Kereta Api Bandung-Banjar

Wakil Gubernur Jawa Barat meresmikan beroperasinya Kereta Api Pangandaran relasi Banjar-Bandung-Gambir (PP), Rabu (2/1/2019).

Bandung - Alternatif untuk pergi ke Pangandaran semakin bertambah. Kalau Anda berencana traveling ke Pantai Pangandaran dan sekitarnya, kini bisa menjangkau lokasi wisata di selatan Jawa Barat itu dengan naik kereta api dari stasiun Gambir ke Banjar.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meresmikan beroperasinya Kereta Api (KA) Pangandaran relasi Banjar-Bandung-Gambir (PP) di Stasiun Banjar, Rabu (2/1/2019).

"Kami bersama Kang Emil dalam rangka Jabar Juara Lahir Batin, punya rancangan memperbaiki transportasi kereta api," kata Wagub Uu, dilansir dari Antara, Rabu (2/1/2019). Ia menyebutkan, KA Pangandaran ini sebagai hadiah tahun baru bagi masyarakat.

Dengan harga terjangkau, lanjut Uu, KA Pangandaran tentu saja jadi moda transportasi masal yang bebas macet, nyaman di perjalanan, dan disiplin waktu. Khusus untuk KA Pangandaran, Uu meminta gencar dilakukan promosi supaya banyak calon penumpang yang memanfaatkan layanan ini.

Dengan kapasitas 520 kursi, KA ini punya dua layanan, yaitu kelas Eksekutif sebanyak empat gerbong, dan kelas ekonomi Premium juga empat gerbong. Tiket bisa langsung dipesan lewat aplikasi KAI Access, laman kai.id, Contact Center 121, loket stasiun dan seluruh mitra penjualan tiket resmi KAI.

Saat ini, PT KAI sedang menggelar promo tiket perjalanan Kereta Api Pangandaran relasi Gambir - Banjar (PP) mulai Rp 110 ribu untuk kelas ekonomi Premium, dan Rp 160 ribu untuk kelas eksekutif.

Sementara itu untuk relasi Bandung- Banjar (PP) dikenakan biaya Rp1 dengan syarat dan ketentuan pembelian tiket Rp1 melalui Loket tidak dikenakan biaya alias gratis, pembelian tiket Rp 1 melalui KAI Access dan website KAI tidak dikenakan bea pesan, pembelian Tiket Rp 1 melalui channel eksternal dikenakan bea pesan sesuai kebijakan masing-masing channel, namun tidak dapat dilakukan di Ticket Vending Machine.

Dengan layanan "single ticketing," penumpang cukup memesan satu tiket untuk menikmati layanan KA Pangandaran serta Angkutan Lanjutannya. Angkutan Lanjutan sendiri dikelola oleh anak usaha KAI, yaitu PT KA Pariwisata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Nyaman, Mudah dan Murah

Jadwal keberangkatan dari Stasiun Gambir yaitu pukul 07.50 WIB. Sedangkan keberangkatan kereta dari Stasiun Banjar pukul 13.55 WIB. Dengan kemudahan akses ini, kita bisa menjangkau ke Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, Green Canyon, dan lokasi wisata lainnya dengan lebih nyaman, mudah dan murah.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, menyebut hari ini jadi momen sejarah bagi pihaknya. Hadirnya KA Pangandaran menjadi langkah awal yang tepat memulai reaktivasi jalur kereta api ke Kabupaten Pangandaran.

"Ini juga mengobati kekecewaan kami karena pada tahun baru cukup sepi. Tapi hari ini dilaunching kereta api dengan nama istimewa yaitu KA Pangandaran," kata Jeje. Dengan nama KA Pangandaran, akan semakin terpromosikan berbagai potensi wisata di Kabupaten Pangandaran.

"Kemarin ada Bus Budiman, ada pesawat Susi Air, sekarang ada kereta api. Tinggal butuh connecting, Banjar -Pangandaran. Ini tanda -tanda kebahagiaan Pangandaran akan semakin maju. Kami yang sedang menata, akhirnya akan dimulai aktivasi jalur ke Pangandaran," katanya.

Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih mengatakan, seolah diberi kado dengan diluncurkannya KA Pangandaran ini. Ia yakin, dengan berbagai terobosan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar, semua daerah di Jawa Barat bisa bangkit dan berkemajuan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.