Sukses

Hati-Hati, Tinggi Gelombang di Perairan Bangka Diprediksi Capai 4 Meter

Warga juga diminta mewaspadai kehadiran awan cumulonimbus di langit perairan Bangka.

Pangkalpinang - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang laut di Selat Karimata yang diprakirakan mencapai empat meter, pada Kamis (3/1/2019).

"Gelombang maksimum setinggi itu harus diwaspadai, karena dapat membahayakan keselamatan," kata prakirawan pada Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Pangkalpinang Anggun Rahmania di Pangkalpinang, Rabu, 2 Januari 2019, dilansir Antara.

BMKG juga mengimbau agar masyarakat atau nelayan mewaspadai gelombang maksimum yang dapat mencapai 3-4 meter di perairan selatan Bangka dan utara Bangka.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka dan Selat Gelasa diprakirakan antara 0,5 sampai 1,0 meter, di selatan Bangka 0,75 sampai 1,5 meter, sedangkan di utara Bangka dan Selat Karimata mencapai sekitar 1,0 sampai 2,0 meter.

"Dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di selatan Bangka, utara Bangka, dan Selat Karimata dapat mencapai 3,0 sampai 4,0 meter," katanya.

Di sisi lain, BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar 5 sampai 39 kilometer per jam yang bergerak dari Barat ke Utara, dari Barat Daya ke Barat Laut, dan dari Selatan ke Barat Laut. BMKG juga memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di Kepulauan Bangka Belitung rata-rata di bawah dua meter, kecuali di Membalong, Kabupaten Belitung, yang mencapai 2,07 meter.

Pasang air laut di Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, sekitar 1,93 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,84 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,80 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,20 meter, di Belinyu Kabupaten Bangka 1,09 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat sekitar 1,09 meter.

"Namun, kami tetap mengimbau warga agar selalu waspada dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," ujar Anggun Rahmania.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Kamis diprakirakan cerah berawan dan berawan dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan di sebagian besar wilayah terutama pada siang sampai sore dan dini hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 31 derajat Celcius dan kelembaban udara 65 hingga 100 persen.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.