Sukses

6 Gaya Jokowi Saat Pakai Sarung Selama 2018

Selama 2018 Presiden Jokowi banyak mengenakan sarung dalam berbagai kegiatan resminya. Berikut 6 di antaranya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi termasuk salah satu Presiden Indonesia yang terbilang sering memakai sarung, baik saat acara resmi maupun santai. Sepanjang 2018, tak sedikit Jokowi memakai sarung.

Khusus Desember 2018, Jokowi memakai sarung saat merayakan malam tahun baru bersama petugas dan pegawai Istana Bogor, Senin (31/12/2018). Saat itu Jokowi terlihat mengenakan sarung kotak-kotak dipadu baju putih yang dibalut jaket hitam.

Kunjungan ke Sumatera Utara

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga mengenakan sarung saat berkunjung ke Pondok Pesantren Babussalam di Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Jokowi mengenakan setelan jas biru dengan sarung warna senada.

Kunjungan ke Jawa Timur

Sebelumnya, pada 18 Desember 2018, Jokowi mengenakan sarung saat kunjungan kerja ke Jawa Timur. Di sana Jokowi mengunjungi Pondok Pesantren Darul 'Ulum, Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar, juga Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang. Saat itu, Jokowi mengenakan sarung coklat gelap, kemeja koko putih, dan sandal selop hitam ketika turun dari pesawat.

Kunjungan ke Bandung

Jokowi juga terlihat mengenakan sarung saat menghadiri peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018 di Lapangan Gasibu, Bandung, 21 Oktober 2018. Presiden mengenakan kemeja putih dibalut jas biru dan sarung warna-warni. Kala itu, Jokowi didampingi Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramadan Pertama di Istiqlal

Presiden Jokowi juga mengenakan sarung saat salat Isya dan tarawih hari pertama Ramadan di Masjid Istiqlal, 16 Mei 2018. Saat itu, Jokowi mengenakan baju koko putih dan sarung coklat.

Saat itu, sejumlah Menteri Kabinet Kerja ada yang mendampingi Presiden. Mereka di antaranya Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Muslim Fashion Festival

Sebelumnya, Jokowi juga mengenakan sarung saat meresmikan pembukaan Muslim Fashion Festival (Muffest) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) pada 19 April 2018.

Meski menggunakan sarung, Jokowi tetap memakai celana panjang hitam yang dipadukan dengan sepatu pantofel warna senada. Tak lupa ia memakai peci hitam yang menjadi ciri khasnya saat bersarung.

Kunjungan ke Situbondo

Jokowi pun mengenakan sarung saat menghadiri Haul Majemuk Masyayikh di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, 4 Februari 2018. Berpeci hitam, Jokowi mengenakan baju putih dipadu jas. Saat itu ia didampingi oleh Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.