Sukses

Tidak Perlu Perawatan Khusus, Begini Cara Bikin Kulkas Lebih Awet

Sering terlewat oleh tak sedikit orang, membuat kulkas lebih awet ternyata tidak sebegitu sulit kok.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap barang elektronik, termasuk kulkas, memiliki usia tertentu sebelum akhirnya diganti dengan yang baru. Walau begitu, bukan berarti Anda tak bisa sedikit memperpanjang umurnya dengan melakukan satu-dua trik.

Product Manager PT Hitachi Modern Sales Indonesia Stephen Dave pun mengungkap, kulkas sebenarnya tak membutuhkan perawatan khusus. Hanya saja, demi menjaganya lebih awet, ada satu tips yang harus dilakukan.

"Harus dibersihkan secara rutin. Karena kalau dibiarkan terlalu lama, banyak kotoran yang tidak bisa dibersihkan sampai benar-benar bersih. Itulah yang akan mengganggu kerja mesin," katanya di acara peluncuran produk terbaru Hitachi di Empirica, SCBC Jakarta, Rabu, 12 Desember 2018.

Ia menyebut, poin ini sering kali luput dari perhatian sedikit orang. Kesibukan yang melanda, terutama bagi penduduk kota besar, membuat kebanyakan orang hanya tahu memakai kulkas tanpa memerhatikan kebersihannya.

Soal periode membersihkan, Stephen mengatakan, waktunya tergantung dari pemakaian. Bila sering menaruh banyak bahan makanan, terutama daging, dan minuman, setidaknya kulkas harus dibersihkan dua minggu sekali.

Tapi kalau penggunaannya terbilang tak sebegitu berat, membersihkan kulkas satu atau dua bulan sekali masih aman dilakukan. Kebersihan kulkas nyatanya juga memengaruhi performa kulkas dalam menjaga ketahanan makanan. Jadi, jangan sampai Anda melewatkan cara satu ini ya!

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.