Tips Berfoto di Tempat Wisata Selfie, Antara Fitur dan Latar

Oleh Henry Hens pada 27 Des 2018, 05:00 WIB
Diperbarui 28 Des 2018, 12:14 WIB
selfie

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini wisata selfie sedang banyak digemari. Ada sejumlah tempat yang jadi favorit untuk wisata kekinian ini. Di Bandung misalnya, di tahun ini banyak tempat yang dibangun khusus untuk wisata selfie.

Belum lagi beberapa tempat yang memang kebetulan cocok untuk wisata selfie meski tak didirikan khusus untuk itu. Mengambil foto selfie dengan kamera ponsel pintar untuk disebar ke media sosial sudah jadi kebiasaan yang lazim dilakukan. Tentu hasil fotonya pun beragam.

 

Ada yang terlihat bagus, menarik atau mungkin biasa saja. Kalau ingin mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal, simak empat tips mengambil foto di kawasan wisata selfie yang dilansir dari berbagai sumber.

Maksimalkan Penggunaan Fitur

Kalau kamera atau foto pada gawai Anda sulit untuk dijangkau ketika selfie saatnya untuk menggunakan fitur self timer. Menggunakan fitur self timer ini juga dapat meminimalisir hasil foto yang terlihat buram.

Kalau cahaya dalam ruangan tidak mendukung atau cuaca yang sedang mendung di objek yang akan kita foto, manfaatkan fitur flash pada gawai agar hasil foto bisa lebih baik dan terang.

Tak Harus Selalu Wajah

Menurut laman New York Institue of Photography, berswafoto atau selfie tak harus menampilkan wajah Anda. Bisa saja memilih salah satu bagian dari tubuh yang menurut Anda cukup menarik untuk difoto.

Misalnya kuku tangan yang baru di cat ataupun kaki yang menggunakan sepasang sepatu baru dengan latar tempat wisata tentunya. Jangan lupa untuk memperhatikan komposisinya. Buatlah perkiran bagaimana komposisi yang akan Anda ambil dalam foto.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Latar Foto

This Is Me
This Is Me, salah satu tempat wisata selfie di Bandung. (foto: istimewa)

Tak kalah penting adalah memperhatikan latar belakang foto, sesuatu yang justru sering diabaikan. Latar belakang foto yang kurang baik, kotor atau bahkan berantakan seperti dinding yang kotor akan memperburuk foto selfie Anda.

Pastikan latar belakang foto Anda ketika di tempat wisata selfie cukup bagus sebelum memotretnya. Anda mungkin bisa membersihkan sendiri atau minta tolong petugas setempat untuk membersihkan kotoran atau noda.

Jangan Paksakan Diri

Saat ingin berfoto sebaiknya periksa dulu kondisi sekitar. Jangan sampai Anda memaksakan diri untuk mengambil sebuah gambar di tempat yang sangat bersiko seperti di pinggir tangga.

Perhattkan juga pengunjung lain agar kenyamanan mereka tidak merasa terganggu. Tentu Anda juga tak ingin terganggung saat wisata selfie, kan?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓