Tips Beli Mainan untuk Kado Natal Anak, Jangan Sampai Salah Membeli

Oleh Asnida Riani pada 25 Des 2018, 10:00 WIB
Diperbarui 25 Des 2018, 10:15 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Tangerang - Mainan mungkin jadi barang yang paling sering Anda berikan pada anak, terlebih di momen-momen istimewa seperti Natal dan Tahun Baru. Jadi barang kegemaran si kecil, keamanan mainan tentu seharusnya jadi prioritas Anda.

Mengingat begitu penting, Children Sales Leader IKEA Indonesia Elysna pun memberi beberapa kategori mainan yang aman untuk anak. "Pertama yang pasti bahannya," katanya di toko IKEA Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten, Selasa, 18 Desember 2018.

Di setiap mainan terdapat informasi produk berupa bahan yang bisa dibaca para orangtua. Walau agak merepotkan, Elysna menyarankan utnuk lebih dulu membaca keterangan tersebut sebelum membeli mainan.

"Pastikan bahannya tidak membuat anak alergi. Perhatikan juga apakah bahannya bisa menyakiti anak. Membuat tangan atau bagian tubuh lainnya tergores," jelas salah satu juri IKEA Drawing Competition 2018 tersebut.

Setelah bahan, pewarna juga harus diperhatikan mengingat tak sedikit anak sering memasukkan mainan ke mulut. Setelah itu, barulah melihat kegunaan mainan yang ternyata tak melulu hanya menemani dan menghibur anak.

"Banyak mainan yang bisa dimanfaatkan nggak cuma buat main. Misal, IKEA sendiri punya baby gym. Karakternya itu kelihatan dari bawah. Bayi bisa lihat. Kebanyakan mainan yang digantung, si bayi hanya lihat bagian bawah karakternya saja. Tapi, ini justru karakternya diharapkan langsung ke bayi," tutupnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: