Trik Jitu Mengatur Uang bagi Milenial agar Jangan Sampai Berhutang

Oleh Asnida Riani pada 25 Des 2018, 05:00 WIB
Diperbarui 27 Des 2018, 03:13 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta - Dengan banyaknya godaan untuk jadi konsumtif, menekan pengeluaran jadi kategori butuh, bukan ingin, belakangan jadi tantangan tersendiri, terlebih bagi milenial. Namun, dengan trik-trik tertentu, pengaturan uang sebenarnya bisa dilakukan ketimbang nanti berhutang hanya untuk memenuhi keinginan sementara.

Mungkin akan sedikit sulit di awal dan membuat Anda ngidam banyak barang. Namun setelah beberapa saat dijalani, nyatanya tidak seburuk itu kok. Jadi, simak saja deretan tips berikut menurut Cashbac.

Buka akun bank digital

Meninggalkan cara lama, kaum milenial bisa membuka akun di bank digital di Indonesia. Caranya juga lebih mudah dan cepat. Anda hanya tinggal membuka situs, mengisi data, dan membuat janji dengan petugas bank.

Setelah itu, tentukan di mana tempat bertemu (bisa di tempat Anda bekerja), scan sidik jari, dan kartu Anda siap dipakai. Proses yang sederhana ini diharapkan bisa membuat Anda memulai kegiatan menabung dengan lebih semangat.

Menabung tidak dalam bentuk uang

Saat ini sudah banyak sekali metode menabung selain mengumpulkan uang. Mulai dari berinvestasi tanah, emas, bahkan asuransi pendidikan, semua ada. Berbeda dari menabung dalam bentuk uang, berinvestasi memiliki keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam periode tertentu.

Misal, ketika Anda membeli tanah seharga Rp 20 juta, bisa jadi tanah tersebut sudah memiliki harga sepuluh kali lipat di sekian tahun kemudian. Menabung dengan cara invetasi tentu menguntungkan karena harga yang berkembang walau kadang membutuhkan waktu cukup lama.

Memanfaatkan teknologi dalam proses pembayaran

Selain menghemat waktu, metode pembayaran ini memungkinkan Anda lebih berhemat. Bagaimana bisa? Jika menggunakan uang tunai saat berbelanja, Anda cenderung ingin menghabiskan nilai yang ada di dompet. Sedangkan jika Anda membayar secara cashless, kesempatan untuk berbelanja akan lebih ditekan karena rencana pengeluaran sudah dijadwalkan sedari awal.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: