Sukses

Pesona Pantai-Pantai di Kalianda Lampung Selatan Sebelum Dihantam Tsunami Selat Sunda

Jadi salah satu kecamatan yang paling parah terdampak tsunami Selat Sunda, intip pesona tiga pantai di Kalianda Lampung Selatan sebelum musibah tersebut terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Dulu, Way Kambas boleh saja jadi satu-satunya wajah destinasi menawan di Lampung. Namun, seiring waktu, beberapa nama pantai di wilayah di 'ekor' Pulau Sumatera ini mulai muncul, termasuk sejumlah pesisir di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

Di tengah popularitas yang mulai menanjak, sayang musibah nahas malah melanda kawasan ini. Kepala BPBD Lampung Selatan, I Ketut Sukerta. menyatakan, bersama dengan Rajabasa, Kalianda adalah kecamatan paling parah terdampak tsunami Selat Sunda, Sabtu malam, 22 Desember 2018.

Beberapa nama pesisir yang disebut berubah wajah, lantaran tsunami adalah Pantai Maja, Pantai Kedu, Pantai Ketang, Pantai Laguna atau Alau-Alau, Pantai Bagus, Pantai Tanjung Beo, Pantai Sappenan, Hutan Mangrove Grand Elty, Pantai Kalianda Resort, Pantai Merak Belantung, Pantai Marina, dan Pantai Teluk Nipah.

Dari sebegitu banyak, mari mengintip pesona beberapa pantai di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, sebelum dihantam tsunami Selat Sunda. Dari yang cocok untuk penikmat matahari tenggelam, sampai spot insta worthy, berikut ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber.

Pantai Kedu

Berjarak hanya lima menit dari pusat kota Kalianda, Pantai Kedu dikenal akan pemandangan matahari terbenam yang sesekali jingga sepenuhnya, namun di waktu lain malah memperlihatkan ledakan warna lain nan memesona. Pemandangannya jadi kian dramatis dengan keberadaan shipwreck tepat di bibir pantai. 

Dengan topografi cukup landai, pantai di Lampung ini cocok dijadikan destinasi bagi Anda yang ingin leyeh-leyeh berteman deburan ombak dan sepoi angin menyejukkan. Ditambah pemandangan berupa megah Gunung Rajabasa dan Krakatau di kejauhan, pesisir satu ini siap menambat hati siapapun yang sudi mampir.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantai-Pantai di Kalianda, Lampung Selatan yang Menawan

Pantai Merak Belantung

Salah satu pesisir di wilayah Kalianda, Lampung Selatan, ini selalu jadi favorit wisatawan, terutama mereka yang membawa anak. Wajar saja, lantaran destinasi dengan bibir pantai cukup lantai ini sangat cocok dijadikan tempat untuk berenang dan bersantai.

Keseruannya ditunjang dengan ragam pilihan akomodasi yag berada tak jauh dari Pantai Merak Belantung. Kelengkapan ini membuat kawasan tersebut jadi destinasi favorit akhir pekan tak sedikit keluarga,

Pantai Teluk Nipah

Setidaknya ada tiga pantai di wilayah Teluk Nipah, yakni Pantai Sudul, Pantai Teluk Nipah, dan Pantai Marina. Ciri khas pesisir di sini adalah batu-batu besar yang menjorok ke laut. Ombaknya juga terbilang tenang dengan pemandangan menawan berupa tebing-tebing tinggi, serta pepohonan nipah yang rindang.

Dengan letaknya yang belum familiar bagi kebanyakan pelancong, Pantai Teluk Nipah disebut surga tersembunyinya Lampung Selatan. Cocok bagi Anda yang mendambakan ketenangan dan lepas dari aktivitas sehari-hari yang padat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.