Sukses

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Mendesain Bus Wisata Unik

Ridwal Kamil terinpirasi dari Banros (Bandung Tour on The Bus) yang diluncurkan saat ia masih menjadi Walikota Bandung

Liputan6.com, Jakarta - Saat masih menjabat sebagai Walikota Bandung, Ridwan Kamil dikenal dengan terobosan dan ide-idenya yang kreatif. Setelah menjadi Gubernur Jawa Barat (Jabar), ia ternyata masih tetap menampilkan sejumlah kreasi.

Yang terbaru, pria yang akrab disapa Kang Emil ini menghibahkan 13 unit bus pariwisata kepada 13 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Dilansir dari akun Instagram ‘humas_jabar’ dan ‘ridwankamil pada 22 Desember, bus wisata perkotaan ini ternyata dirancang dan didesain langsung oleh Kang Emil.

Ide utamanya adalah mempertimbangkan muatan lokal dan budaya daerah masing-masing serta dibangun dengan konstruksi yang memudahkan wisatawan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Bus ini terinpirasi dari Banros (Bandung Tour on The Bus) yang diluncurkan saat Ridwan Kamil masih menjadi Walikota Bandung.

Untuk periode pertama, 13 Kabupaten/Kota yang akan menerima bantuan Bus Wisata Perkotaan ini adalah Kota Cimahi, Kabupten Sumedang, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Garut, Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Kota Depok, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Tasikmalaya.

Di aku Instagamnya, Ridwan Kamil menuliskan: “Bus wisata ini untuk wisata pusat kota atau City Center Tourism. Suatu hari kemanapun kita pergi, keindahan alam dan keramahan warga Jawa Barat akan menjadi memori terindah setiap mengunjungi kota atau kabupatennya. Dan jalan-jalan dengan bus wisata unik ini akan menjadi penyempurnanya. Hatur Nuhun”.

Bus Wisata Perkotaan ini akan beroperasi dalam trayek atau lintasan yang sudah ditetapkan dan dapat menjangkau destinasi wisata yang ada di daerah masing-masing.

Bus wisata yang dirancang Ridwan Kamil ini diharapkan beroperasi secara kontinyu dan terjadwal dengan biaya terjangkau sehingga ada kepastian bagi para pengunjung yang akan mengunakannya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.