Tsunami di Banten dan Lampung Selatan, Ini Daftar Pantai yang Baiknya Dihindari

Oleh Dinny Mutiah pada 23 Des 2018, 08:30 WIB
Ribuan Wisatawan Masih Penuhi Pantai Anyer

Liputan6.com, Jakarta - Tsunami yang terjadi di Selat Sunda pada Sabtu malam, 22 Desember 2018, mendorong peringatan BMKG agar wisatawan menghindari sejumlah pantai di Banten dan Lampung Selatan. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan sejauh ini 43 orang meninggal akibat bencana itu.

Berikut daftar pantai yang tidak disarankan didatangi menyusul tsunami yang terjadi di Banten dan Lampung Selatan:

Pantai Anyer, Banten

Pantai Anyer merupakan salah satu pantai paling populer di Banten. Pasir putih adalah daya tarik utama dari pantai ini. Dilansir dari Traveloka, selain pemandangan pantai, Anda pun bisa menikmati aneka wahana seperti water sport, termasuk surfing dan snorkeling.

Tak hanya itu, pesona matahari tenggelam di pantai ini juga menjadi magnet bagi wisatawan. Bila datang menjelang sore hari, Anda bisa melihat perpaduan cahaya oranye dan ungu gelap yang amat cantik di pantai yang terletak di Jalan Raya Anyer ini berada 38 km dari pusat Kota Serang. Namun, pantai ini kini porak poranda akibat tsunami yang terjadi.

Pantai Carita, Banten

Pantai Carita berada di Jalan Raya Labuan KM 10, Banten. Dalam situasi normal, kondisi ombak di sini cenderung tenang sehingga aman untuk aktivitas main air dan berenang. Ada pula wahana banana boat yang bisa kamu masukan ke daftar kegiatan. Harganya cukup bersahabat, yakni Rp100.000 per enam orang.

Pantai ini dikenal memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Berbagai penginapan bisa kamu temukan di sini, mulai dari hotel, cottage, bahkan rumah penduduk lokal pun turut disewakan.

Pantai Tanjung Lesung, Banten

Pantai Tanjung Lesung yang berada di Desa Tanjung Jaya, Pandeglang ini memiliki garis pantai mencapai 15 km. Kawasan wisata ini termasuk yang terdampak parah akibat tsunami yang terjadi di Banten.

Di dekat Tanjung Lesung terdapat Pulau Liwungan yang terkenal dengan pesona bawah lautnya dan cocok untuk lokasi diving. Anda juga bisa menyaksikan matahari tenggelam di balik Gunung Krakatau.

 

2 of 2

Pantai Lampung

wisata pantai lampung
Pantai Pulau Kelagian (sumber: commons.wikimedia.org)

Pantai Bagoes, Lampung

Pantai Bagoes atau Pantai Bagus berlokasi tidak jauh dari jalan lintas Sumatera. Pengunjung bisa menjangkaunya dari Bakauheni dengan menumpang bus jurusan Rajabasa dan turun di pertigaan yang mau ke arah Grand Elty Krakatoa Resort. Dari pertigaan ini traveler bisa jalan kaki atau menggunakan jasa ojek yang mangkal di pertigaan Merak Belantung ini.

Pantai Embe (Merak Belantung) Kalianda, Lampung

Pantai Embe Kalianda masih satu jalur dengan Pantai Bagoes. Namanya merupakan singkatan dari Merak Belantung.

Pantai Embe masih mirip-mirip dengan Pantai Bagus karena lokasinya memang ada di kawasan yang sama dan masih satu manajemen juga. Hanya saja, fasilitasnya memang lebih lengkap dibandingkan dengan Pantai Bagoes.

Pantai Embe letaknya lebih jauh dibandingkan dengan Pantai Bagoes, dan bisa menggunakan ojek untuk menuju pantai ini.

Pantai Canti Indah Lampung Selatan

Tidak jauh dari Dermaga Canti, tempat untuk menuju Gunung Krakatau, ada sebuah pantai cantik yang asyik untuk bermain-main anak, yaitu Pantai Canti Indah.

Pasirnya sangat lembut sehingga nyaman untuk mandi di pantai ini. Beberapa pengunjung juga suka bermain bola di pantai ini mengingat tempatnya yang nyaman.

Pengunjung yang tidak ingin mandi, dapat bersantai-santai di pondokan sambil menikmati pemandangan alamnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓