Tips Packing Hemat Tempat Agar Tak Harus Bayar Bagasi Ekstra

Oleh Asnida Riani pada 24 Des 2018, 05:00 WIB
Diperbarui 25 Des 2018, 14:13 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta - Mengemas berbagai barang yang dibutuhkan saat traveling kadang jadi tantangan tersendiri. Mungkin satu barang dinilai penting, namun yang lain juga tak kalah esensial untuk dibawa. Kalau sudah begini, waktu packing Anda bisa sangat molor.

Sudah sebegitu panjang, ternyata setelah rapi, barang yang dibawa malah membuat Anda kelebihan bagasi dan harus mengeluarkan biaya lagi. Tidak mau bernasib demikian? Coba simak deretan tips packing light menurut Angkasa Pura seperti diunggah di akun Instagram @ap_airports, Selasa, 11 Desember 2018.

Jangan salah pilih pakaian

Barang ini jadi salah satu yang selalu dibawa saat traveling. Karena masuk kategori esensial, kuantitas pembawaannya kadang berlebih. Tak hanya itu, pemilihan pakaian pun rentan salah. Supaya tidak merepotkan, Anda bisa pilih pakaian yang travel-friendly, mudah digulung, dan tidak cepat kusut.

Penataan di dalam koper atau tas

Tantangan selanjutnya adalah bagaimana membuat pakaian yang sudah dipilih bisa memenuhi ruang di dalam koper atau tas. Jangan langsung ditaruh, sebaiknya pisahkan pakaian yang sudah digulung ke vacuum bag.

Kemasan toiletries

Walau mungkin disediakan di hotel atau jenis tempat bermalam lain, Anda lebih nyaman membawa toiletries sendiri? Sah-saja saja tentunya. Tapi, supaya lebih efektif, bawa peralatan ini dalam kemasan kecil dengan ukuran maksimal 100 mililiter.

Jangan biarkan barang-barang kecil berserakan

Kembali menghadap pada poin kedua, kali ini Anda bisa menghemat ruang dengan tidak membiarkan barang-barang kecil seperti kabel charger atau mungkin earphone berserakan. Taruh kategori barang ini di dalam pouch agar penataannya lebih jelas dan membuat anda sukses packing light.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: