Sukses

Cara Membentuk Alis Sesuai Bentuk Wajah yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Alis penting banget untuk penampilan.

Liputan6.com, Jakarta Alis kini menjadi bagian penting dalam penampilan wajah seseorang. Banyak wanita rela menghabiskan waktunya, hanya untuk membentuk alis yang terlihat sempurna.

Beberapa tahun belakangan, tren alis tebal menjadi primadona perempuan di berbagai penjuru dunia. Meninggalkan khas kecantikan 90-an yang justru didominasi tren alis melengkung tipis. Bahkan kini sudah ada tren sulam alis yang semakin memudahkan para wanita untuk tak perlu membuat alis lagi dan menyingkat waktu berdandan.  

Meskipun tengah jadi tren, tak semua bentuk alis sesuai dengan karakter wajah masing-masing orang. Agar wajah tak menjadi canggung, sebaiknya kenali wajah terlebih dahulu dan bentuk alis yang tepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikut cara membentuk alis sesuai bentuk wajah

1. Wajah bulat

Cara membentuk alis wajah bulat dengan lengkungan yang ramping. Makeup artis Hollywood, Kelley Baker menyarankan untuk membentuk alis dengan lengkungan yang ramping. Bentuk ini akan membuat bentuk alis terangkat dan memberi dimensi pada wajah bulat.

2. Wajah lonjong

Cara membentuk alis wajah lonjong dengan menyeimbangkan dimensi. Untuk pemilih wajah panjang, bentuk alis melengkung dapat menyeimbangkan dimensi wajah. Bentuk lengkungan tinggi atau rendah, namun dengan ekor memanjang.

3. Wajah kotak

Cara membentuk alis wajah kotak dengan membentuk alis tipis. Pemilih rahang berbentuk kotak biasanya memiliki karakter wajah tegas, untuk itu disarankan melukis alis lebih tipis untuk menciptakan kesan lembut.

4. Wajah bentuk hati

Cara membentuk alis wajah bentukhati dengan lengkungan rendah. Pemilik wajah berbentuk hati, sebaiknya tidak membentuk alis terlalu tajam. Cukup bentuk lengkungan rendah di atas tulang mata. 

5. Wajah oval

Cara membentuk alis wajah oval dengan alis yang tidak terlalu melengkung. Pemilik wajah oval dilarang membentuk alis berbentuk terlalu melengkung. Alis dengan sudut siku menjadi pilihan yang terbaik untuk mereka.

3 dari 3 halaman

Cara membentuk alis sesuai bentuk wajah lainnya yang bisa kamu coba di rumah

1. Wajah Bulat

Cara membentuk alis wajah bulat dengan lengkungan tinggi. Jika kamu memiliki wajah bulat, maka yang harus diperhatikan adalah bagaimana membuat wajah bulat kamu terlihat panjang. Solusinya adalah dengan bentuk alis high arch. Garis yang menukik pada bentuk alis high arch akan menyeimbangkan proporsi wajah kamu dan memberi ilusi wajah lebih panjang. Kamu bisa atur ketebalannya sesuai selera dan hindari bentuk alis membulat karena wajah kamu akan tampak semakin bulat. Sebaliknya kamu bisa membuat alis yang bentuknya bersudut tajam ini. 

2. Wajah Oval

Cara membentuk alis wajah oval dengan bentuk yang lebih soft. Wajah oval sebenarnya termasuk bentuk wajah yang ideal, namun bukan berarti kalau wajah kamu sudah ideal maka bisa membentuk alis sesuka hati. Memang untuk wajah oval bisa dibilang cocok dengan bentuk alis apapun, tapi alangkah lebih baik jika kamu yang memiliki wajah oval lebih mengoptimalkan keidealan wajah oval tersebut. Kamu bisa membuat bentuk alis soft angled yang lembut dan akan membingkai wajah ovalmu serta menjadikannya lebih sempurna lagi.

Jadi, jika kamu membuat alis yang melengkung usahakan bentuklah lengkungan yang lembut dan hindari bentuk alis yang menukik. Meskipun ketebalan dan warna juga tidak jadi masalah untuk si pemilik wajah oval, namun sebaiknya sesuaikan warna alis dengan warna alami rambut dan hindari menggambar alis yang hanya tampak segaris karena dicukur habis. 

3. Wajah Panjang

Cara membentuk alis wajah panjang dengan bentuk flat. Nah beda lagi nih untuk kamu yang memiliki wajah panjang. Tips bentuk alis sesuai dengan bentuk wajah panjang dimaksudkan agar wajah yang panjang terkesan lebih pendek dan terlihat lebih seimbang. Kamu bisa membuat bentuk alis datar atau flat. Semakin datar alis, maka akan semakin mengecilkan atau memendekkan wajah panjang kamu. Saat mulai menggambar alis, fokuskan pada panjang alis yang jatuhnya sedikit melebihi sudut luar mata serta hindari mengisi alis berlebihan seperti menggunakan brow cream yang tebal. Kalau kamu masih bingung kamu bisa contek bentuk alis lurus ala Korea karena itu sangat cocok untuk kamu yang memiliki bentuk wajah panjang. 

4. Wajah Persegi

Cara membentuk alis wajah persegi dengan menambahkan sedikit sudut melengkung. Tips bentuk alis sesuai dengan bentuk wajah berikutnya adalah buat kamu yang memiliki bentuk wajah persegi. Kamu harus membentuk alis yang bertujuan untuk memperhalus dan menyeimbangkan garis rahang terlihat kuat dan tegas. Untuk bentuk alis yang tepat adalah rounded atau bulat dan tambahkan sudut menikung (high arch). Semakin tegas bentuk rahang yang kamu punya, sebaiknya kamu buat alis yang semakin menikung dengan puncak yang tajam dan, tebal di bagian depan dan beri goresan tajam ke atas namun lembut di ujungnya. Hal ini akan membuat kesan rahang tampilannya lebih halus dan seimbang. Untuk panjangnya samakan dengan ujung mata. Selanjutnya silahkan kamu warnai alis dengan warna yang satu atau dua tingkat lebih gelap dari rambut kamu.

5. Wajah Hati

Cara membentuk alis wajah hati dengan tidak membentuk alis yang datar. Kamu bisa menggambar alis dengan bentuk rounded-low arch untuk memperhalus dan menyeimbangkan dagu yang runcing dan dahi yang lebar. Jadi kamu perlu membuat alis bersudut tumpul, goresan melengkung yang sedikit tebal dan hindari bentuk alis datar. Kamu bisa membuat alis yang tampak senatural mungkin dan hindari membuat alis menjadi tampak tebal seperti semut berbaris serta jangan mengisi alis menggunakan pensil alis. Mungkin kamu bisa menggunakan eyebrow gel atau eyebrow powder. 

6. Wajah Diamond atau Segitiga

Cara membentuk alis wajah diamond dengan alis yang melengkung. Wajah diamond ini memiliki pelipis yang lebih lebar dengan dagu dan tulang pipi yang tajam, sehingga untuk menggambar alis kamu bisa membuat bentuk alis yang melengkung atau sedikit naik. kamu juga harus fokuskan pada bagian dalam yang lebar dan melancip pada bagian pelipis. Hal ini bertujuan untuk menghaluskan dan menyeimbangkan keseluruhan tulang wajah yang tegas atau bagian wajah yang  lebih lebar dari bagian yang lain. Jika disederhanakan kamu seperti membuat tanda koma. Beberapa artis yang sukses menyeimbangkan bentuk wajah diamond mereka dengan alis koma adalah Rihanna dan Tyra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.