Sukses

Sepenggal Pengalaman Perjalanan Via Vallen di Palestina

Via Vallen melakukan perjalanan ke Palestina usai melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci Makkah.

Liputan6.com, Jakarta - Usai menjalani ibadah umrah, Via Vallen berkesempatan melakukan perjalanan ke Palestina. Via menceritakan, setiap kali hendak ke Masjidil Aqsa, dari hotel harus berjalan kaki melewati gang kecil yang jalannya menanjak kurang lebih dari 1 kilometer.

"Di gang kecil itu isinya rumah2 penduduk palestina dan banyak yang buka toko disitu (tapi tetep yaaa di gang itu di jaga sama tentara israel) ," jelas Via Vallen dalam akun Instagram pribadinya, 16 Desember 2018.

"Aku sering lihat anak ini di gang itu tapi aku nggak tau kalo anak ini jualan agar2. Sampe akhirnya waktu kita keluar dari toko, anak ini ngasih isyarat jari telunjuk nyuruh kita beli 1," sambung Via.

Via bersama empat orang lainnya mundur ke tempat ini. Ia kemudian membeli lima. Namun, anak itu memberi Via enam buah.

"Harganya 2 shekel ( fyi : shekel itu mata uang Israel ). Totalnya 12 shekel, kita kasi 20 shekel, begitu di ambil uangnya dengan polosnya langsung di tutupin sama anak ini," tulis Via.

"Pelajarannya, waktu di masjidil aqsa banyak orang dewasa minta minta tapi anak ini bukannya minta minta juga tapi masih mau berjualan. Jadi inget dulu waktu aku kecil, kalo aku pengen sesuatu aku mesti ke lampu merah dulu, ngamen atau jualan koran. Kalo ga gitu aku ke tempat tetangga menawarkan jasa ( di suruh beli apa kek di warung ) terus di kasih imbalan," kata Via Vallen yang menurutnya lebih baik berusaha, ketimbang meminta-minta.

Bagi Via Vallen, masyarakat Palestina di sekitar Masjidil Aqsa menjalani kehidupan seperti biasa. Biar pun di mana-mana terdapat tentara Israel, mereka tak sedikit pun terlihat raut wajah takut, mereka memang terlihat sangat berani.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.