Sukses

Tips Tetap Hemat Internetan Selama Liburan di Singapura

Simak tips berikut ini untuk menghemat bujet internet saat di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun negara kecil, kemampuan Singapura menarik perhatian para wisatawan tak usah diragukan lagi. Negara dengan julukan “Little Red Dot” ini juga menjadi tujuan populer dari para backpacker dunia, termasuk Indonesia.

Terbang ke Singapura dari tanah air memang terbilang murah. Tak hanya itu, di sana juga tersedia banyak penginapan dengan harga terjangkau. Salah satu hal yang dibutuhkan oleh para wisatawan saat berada di Singapura adalah jaringan internet. Namun, biaya internet luar negeri yang mahal akan sedikit memberatkan khususnya bagi para backpacker. Lalu, bagaimana cara menghemat bujet internet saat di luar negeri? Simak tipsnya berikut ini!

Batasi waktu penggunaan internet

Saat liburan, kamu tak harus selalu terhubung di dunia maya. Update konten di media sosial harus dibatasi jika ingin berhemat. Lagi pula, kamu bisa lebih menikmati setiap momen liburan jika fokus dengan destinasi yang dikunjungi. Konon, mereka yang selalu meng-update kegiatannya di media sosial adalah orang yang tak menikmati kegiatan tersebut.

Tentukan jam khusus untuk menggunakan kuota internet. Misalnya, hanya menggunakan media sosial saat malam hari setelah melakukan kegiatan sehari penuh. Hal ini juga bermanfaat agar kamu bisa memilih foto-foto terbaik yang bisa diunggah ke media sosial. Jangan lupa, manfaatkan internet gratis di penginapan kamu.

Hindari terlalu tergantung dengan peta online

 

Perkembangan teknologi memang bisa sangat memudahkan aktivitas liburan, termasuk dalam mencari petunjuk jalan dengan mengakses peta online. Meski mudah, hal ini bisa membuat kuota internet kamu berkurang drastis. Padahal, saat ini rute peta online destinasi tujuan bisa kamu unduh dan mengaksesnya secara offline.

Selain itu, kamu bisa menggunakan peta konvensional yang bisa ditemukan pada tempat umum seperti bandara maupun lobi penginapan. Tak jarang, selain peta tersedia juga booklet yang berisi highlight acara dan tempat menarik lengkap dengan rekomendasi transportasi umum menuju ke sana.

Jika ingin mendapat pengalaman lebih menarik, cobalah bertanya langsung dengan penduduk lokal atau wisatawan lain di penginapan kamu. Dari pertanyaan tentang jalan, siapa tahu kamu bisa mendapat kenalan baru dan rekomendasi tempat menarik lain yang belum kamu tahu sebelumnya.

Manfaatkan internet gratis

 

Keramahan Singapura pada wisatawan ditunjukkan dengan adanya banyak titik yang menyediakan WiFi. Wisatawan dapat menemukan WiFi gratis di berbagai tempat umum seperti bandara, perpustakaan, penginapan, stasiun, halte bus, tempat makan, dan tempat ramai lainnya.

Jika menemukan WiFi yang dikunci, jangan sungkan untuk bertanya kata sandi pada pelayan kafe yang kamu datangi. Untuk WiFi di hotel, sebagian menetapkan waktu akses selama 24 jam. Jadi, jangan heran jika koneksi internetmu tiba-tiba terputus saat berada di hotel. Kamu hanya perlu kembali login atau bertanya kata sandi ke pegawai hotel.

Sewa pocket WiFi jika liburan dengan rombongan

Jika kamu pergi berlibur dengan teman-teman atau keluarga, coba manfaatkan modem atau pocket WiFi yang bisa digunakan bersama. Selain bisa patungan untuk menyewa perangkat ini, kamu juga punya jaminan untuk selalu terhubung di mana pun berada.

Penyewaan pocket WiFi bisa ditemukan di Changi Airport secara langsung atau terlebih dahulu melakukan reservasi sebelum berangkat ke Singapura. Jika ingin tiba di sana tanpa ribet, kamu bisa menyewa pocket WiFi melalui Traveloka. Selain praktis dan hemat, layanan sewa pocket WiFi di Traveloka juga menyediakan pilihan tempat pengambilan perangkat seperti di bandara asal atau tujuan.

Manfaatkan provider termurah

Satu lagi yang paling praktis untuk menggunakan internet luar negeri. Tanpa perlu beli provider lokal maupun sewa perangkat, kamu tetap bisa internetan menggunakan kartu SIM di Singapura dengan paket roaming. Salah satu provider paket roaming yang bisa kamu andalkan dengan tarif hemat dan jaringan kuat di Singapura adalah 3 Hutchison. Pasalnya, dengan paket roaming 3, kamu bisa internetan tanpa batas kuota di Singapura hanya dengan Rp45.000 – Rp220.000 dengan pilihan waktu 1, 3, dan 7 hari.

Sama seperti penyewaan pocket WiFi, kamu juga bisa membeli paket 3 roaming di Traveloka. Agar lebih efektif, jangan lupa untuk membeli paket 3 roaming sekaligus saat memesan tiket pesawat dan penginapan.

Itulah 5 tips untuk tetap hemat internetan selama di Singapura. Dengan berbagai pilihan yang tersedia, ada baiknya kamu memilih yang benar-benar dibutuhkan. Pastikan pula untuk selalu terkoneksi di manapun kamu berada agar liburan kamu di luar negeri tidak mengalami kendala. Selamat berlibur di Kota Singa!

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini