Sukses

Jakarta dan Timor Leste Masuk Daftar 20 Destinasi Favorit Versi Traveloka

Tidak semua destinasi populer Traveloka yang dikunjungi itu untuk kebutuhan leisure alias wisata, tetapi juga untuk kunjungan bisnis atau pulang kampung.

Liputan6.com, Jakarta – Kebutuhan masyarakat untuk traveling kian meningkat dari tahun ke tahun. Selain untuk memperkarya pengalaman, traveling juga merupakan menjadi momen berharga bagi keluarga juga bersama orang-orang tercinta.

Berdasarkan studi intenal yang dilakukan Traveloka, terungkap 10 destinasi domestik dan mancanegara paling populer, meliputi Jakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, Palembang, Semarang, dan Batam. Studi tersebut dilakukan sejak Januari-Desember 2018.

"Dari 10 destinasi tersebut, tak semuanya untuk leisure, tapi ada juga yang berkunjung ke sana untuk urusan bisnis atau pulang kampung," jelas Vice President of Marketing Traveloka Kurnia Rosyada dalam acara Traveloka Year End Gathering Traveloka di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018).

Selain destinasi domestik, 10 destinasi mancanegara, yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Hongkong, China, Australia, Filipina, Taiwan, dan Timor Leste.

"Mayoritas pengguna memesan akomodasi 2-3 minggu sebelum waktu keberangkatan, dengan mempertimbangkan lokasi serta hotel yang instagrammable juga menjadi pilihan," sambung Kurnia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tren Lain

Kurnia Rosyada juga mengungkapkan, tren lain yang terjadi selama 2018 adalah 4 dari 5 pengguna aplikasi Traveloka memilih untuk membeli tiket transportasi sebelum menentukan akomodasi.

"Masyarakat Indonesia yang bepergian dengan keluarga atau dalam kelompok biasanya lebih terencana dibandingkan dengan bepergian sendiri," jelas Kurnia.

Selain itu, jenis kegiatan yang paling populer selama liburan adalah mengunjungi wisata kuliner, taman hiburan, tempat bersejarah, wisata alam, dan berbelanja. Inspirasi perjalanan didapat melalui online atau tren wisata di media sosial sehingga terkoneksi dengan internet menjadi kebutuhan penting.

"Delapan dari 10 masyarakat Indonesia memilih untuk tetap terkoneksi dengan internet selama bepergian ke luar negeri," kata Kurnia Rosyada.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.