Cara Melupakan Mantan dan Berdamai dengan Masa Lalu

Oleh Putu Elmira pada 18 Des 2018, 06:45 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 18:08 WIB
Cara Melupakan Mantan dan Berdamai dengan Masa Lalu

Liputan6.com, Jakarta - Setiap pertemuan selalu memiliki beragam makna dan siap memberikan sederet cerita, tidak terkecuali soal cinta. Sosok seseorang yang spesial dalam hidup dapat mengajarkan Anda untuk bahagia hingga sabar menghadapi cobaan.

Namun ketika jalinan hubungan telah berakhir, terkadang lebih sulit melupakan masa lalu karena kenangan yang telah dirangkai bersama. Masih belum dapat melupakannya? Simak tips berikut ini.

Terdapat dua hal yang dapat membuat Anda selalu dihantui masa lalu setelah berpisah. Sebut saja ketika Anda begitu membenci dirinya atau memang belum dapat melupakan mantan sepenuhnya.

Hal tersebut akan berujung pada penyesalan yang menyapa. Tak jarang, pengandaian terjadi seperti 'andai saja tidak pernah bertemu dengannya, maka kesedihan dan cerita pedih tak terjadi'. Pernah merasa demikian?

Anda tak perlu bersedih terlalu dalam. Mantan kekasih dapat membuat Anda menjadi pribadi yang dapat menghargai sesuatu sekaligus jadi media pembelajaran untuk lebih memahami.

Mantan kekasih dan masa lalu akan selalu menjadi bagian dalam hidup Anda. Agar tak berlarut-larut, berusaha berdamai dengan masa lalu untuk membuat diri Anda dapat menjalani kehidupan yang lebih baik tanpa ada sisa kekesalan bahkan dendam.

Jangan sia-siakan waktu untuk membenci mantan dan masa lalu karena masih banyak hal berguna lainnya yang memerlukan perhatian Anda. Ingat, jangan lupa untuk mencintai diri sendiri agar tetap bahagia. (Ivana Okta/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini: