Sukses

Pertama di Dunia, Traveling ke Negara yang Siap Gratiskan Tarif Transportasi Umum yuk!

Pangkas biaya perjalanan Anda dengan traveling ke negara yang siap gratiskan tarif transportasi umum, tertarik?

Liputan6.com, Jakarta - Luksembourg siap jadi negara pertama di dunia yang menggratiskan transportasi umum pada pertengahan tahun depan. Gebrakan ini merupakan lanjutan dari upaya mengatasi kemacetan di salah satu negara di Eropa Barat tersebut. 

Ya, negara kecil yang berada di antara Belgia, Jerman, dan Perancis ini secara resmi bakal menggratiskan tarif transportasi umum, mulai dari kereta, trem, hingga bus. Dikutip dari The Guardian, Minggu (16/12/2018), musim panas tahun depan jadi tenggat rencana dari koalisi pemerintah terpilih, Xavier Bettel, ini untuk direalisasikan.

Tercatat, negara ini merupakan rumah bagi 110 ribu orang, namun punya 400 ribu pengguna kereta api menuju kota dari negara tetangga untuk bekerja. Sebuah studi memaparkan, pengendara di Luksembourg rata-rata menghabiskan waktu 33 jam di tengah kemacetan pada 2016.

Berdasarkan data, Luksembourg telah memperlihatkan grafik kenaikan kebiasaan memakai transportasi umum beberapa waktu belakangan. Tahun ini, pemerintah telah memberikan transportasi gratis bagi anak-anak dan anak muda di bawah 20 tahun.

Siswa secondary school telah difasilitasi kendaraan gratis dengan rute rumah-sekolah mereka. Sementara pengguna kereta api membayar 2 euro atau setara Rp 33 ribu untuk perjalanan lebih dari dua jam, di mana tarif tersebut terbilang murah jika dibandingkan dengan negara Eropa lain.

Kebijakan demi kebijakan ini diharapkan bisa memotivasi pengendara kendaraan pribadi untuk naik transportasi umum, terutama di Luxembourg City yang mengalami catatan kemacetan dinilai cukup serius.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.