Sukses

Food Pairing dan Kolaborasi Rasa Bersama Bintang Radler

Mengedukasi bagaimana makanan bisa menjadi lebih enak atau mengubah rasa bisa melalui Food Pairing.

Liputan6.com, Jakarta – Kombinasi makanan dan minuman dapat menciptakan sensasi dan cita rasa yang berbeda. Experience tersebut yang dihadirkan brand Bir Bintang Radler lewat festival kuliner bertajuk Radler Finger Food Festival yang digelar 15-16 Desember 2018 di Premium Parking, Gandaria City, Jakarta Selatan.

"Kami mencoba menguatkan asosiasi Bintang Radler dengan Teman Makan lewat food bar terbaik, " jelas Mariska Van Drooge, Marketing Director PT Multi Bintang Indonesia Niaga kepada Liputan6.com, di Gandaria City, Jakarta, Sabtu, (15/12/2018).

Festival kuliner ini menyajikan beragam santapan yang menggugah selera. "Ada 30 makanan yang memberi experience rasa berbeda dan kombinasi yang baik dengan makanan," tambahnya.

Melalui kesempatan ini pula, Bintang Radler menggelar Food Pairing Class. "Untuk menikmati sebuah hidangan, food pairing bertujuan untuk mengedukasi bagaimana makanan bisa menjadi lebih enak atau mengubah rasa," kata Chef Martin Praja.

Ia menambahkan saat menyantap makanan dan Radler terdapat istilah menarik yakni 3C yaitu cut complement, dan contrast. Cut, mampu "memotong" rasa dan tekstur di lidah dan memberi kesan di setiap gigitan.

Complement berarti memadukan Radler dan makan yang memiliki rasa dan karakter yang hampir sama. Sedangkan contrast kombinasi Radler dan makanan dengan selera dan karakter berbeda sehingga saat digabungkan akan menghadirkan karakteristik rasa baru yang unik.

Liputan6.com ikut ambil bagian mencicipi enam sajian yaitu American Cheese Cheddar, Dark Chocolate, Sirloin Steak, Prawn Sandwich, Beef Rice Bowl, dan Bakmi. Keenam makanan ini disantap dengan Bintang Radler, bir rendah alkohol 2 persen yang dipadu jus lemon dan jeruk asli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Pemilihan Sajian di Food Pairing Bareng Bintang Radler

Chef Martin Praja memiliki alasan tersendiri ketika memilih keenam sajian di Food Pairing bersama Bintang Radler. Ia mempertimbangkan rasa, tekstur, hingga paduan tepat dengan bir.

"Alasan saya memilih red cheddar karena rasanya yang light, tidak terlalu creamy dan tidak terlalu asin dan cocok dipadu Radler Lemon. Kalau Dark Chocolate dikombinasi Radler Orange dan rasanya jadi complement each other," kata Chef Martin Praja.

Untuk Sirloin Steak karena tekstur daging yang empuk, ada sedikit lemak yang membungkus daging ditambah bumbu dan Radler Lemon jadi sajian menyegarkan. Lalu, Prawn Sandwich karena sajian seafood semakin nikmat dengan Lemon.

"Beef Rice Bowl cocok dikombinasi dengan Radler Lemon karena rasa spicy daging yang terlalu kuat. Untuk Bakmi karena enak disantap bareng jus jeruk dan bisa dipadu dengan Radler Orange yang manis," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Radler Finger Food Festival

Radler Finger Food Festival menghadirkan 30 tenant dengan ragam sajian menarik dan siap memanjakan lidah. Sebut saja Bakmie Banget, Flaky Pirates, Forbidden Cakwe, Geprek Kenangan, Pisangkuy, Rock Ice N Roll, Aichi, Black Cattle Jakarta, Chicken Pok Pok, Wings It, Sate Dabu Dabu, dan masih banyak lagi.

Selain Food Pairing, ada pula agenda menarik lainnya di festival kuliner ini. Akan ada Cooking Demo bersama Cher Martin Praja di Radler Finger Food Festival pada Minggu, 16 Desember 2018 pukul 13.00 WIB.

Sementara, keseruan hari pertama di Radler Finger Food Festival turut dirasakan oleh salah seorang pengunjung, Lulu. "Tahu festival ini dari teman. Ada tempat duduk kekinian dan ambiencenya santai jadi bisa di sini lama. Tenant-tenantnya menarik," kata Lulu.

Lulu yang datang bersama seorang temannya memilih menyantap Wings It. "Aku baru pertama makan Wings It dan enak. Dia (temannya) sampai pesan dua porsi," tambahnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.