Sukses

Sederet Penilaian Kesan Pertama Hanya dalam Hitungan Detik (Bagian 1)

Menurut sains, ternyata seseorang dapat menilai orang lain dalam kesan pertama hanya hitungan detik. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Kesan pertama saat bertemu seseorang sangat tergantung pada banyak hal. Sebut saja gaya bicara, ekspresi wajah, bahasa tubuh, sikap, hingga kata-kata dapat mempengaruhi pemikiran orang lain terhadap lawan bicara.

Namun tahukah Anda, jika seseorang menentukan beragam hal dalam beberapa detik setelah bertemu dengan Anda? Bahkan, pendapat tersebut turut didukung dengan penjelasan sains.

Lantas, apa saja yang orang pikirikan terhadap diri Anda saat bertemu? Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari theladders.com, Jumat (14/12/2018) berikut ini.

1. Mengukur Status

Sebuah penelitian di Belanda menemukan bahwa orang-orang yang mengenakan pakaian bermerek dipandang memiliki status yang lebih tinggi daripada orang yang tidak memakai pakaian desainer.

"Persepsi tidak berbeda pada dimensi lain yang mungkin mempengaruhi hasil interaksi sosial. Tidak ada perbedaan dalam hal daya tarik, kebaikan, dan kepercayaan yang dirasakan," jelas sang penulis.

2. Jika Dapat Dipercaya

Orang-orang memutuskan untuk dapat dipercaya dalam waktu sepersepuluh detik. Peneliti Princeton menemukan hal ini dengan memberi satu kelompok mahasiswa 100 milidetik untuk menilai daya tarik, kompetensi, keagresifan, hingga kepercayaan.

Sebagian besar penilaian berdasarkan hal-hal yang sebenarnya tidak dapat diubah. Sebut saja penelitian menunjukkan wajah yang lebih feminin seperti bayi dan bahagia dianggap lebih dapat dipercaya.

Anda dapat mengubah bahasa tubuh untuk meningkatkan kepercayaan orang lain pada Anda. Business Insider melaporkan untuk mencoba tersenyum lebih sering, menatap mata orang, dan meniru bahasa tubuh orang lain.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Orientasi Seksual

Orang bisa membaca orientasi seksual seorang pria dalam waktu 20 detik, ini jumlah waktu minimum yang diperlukan untuk mengenali wajah.

"Persepsi cepat dan akurat tentang orientasi seksual pria mungkin hanyalah gejala lain dari mekanisme kognitif yang cepat dan efisien untuk memahami karakteristik orang lain," tulis penulis studi Nicholas O. Rule dan Nalini Ambady.

4. Jika Anda Pintar

Sebuah studi pada 2007 yang dipimpin oleh profesor Loyola Marymount University, Nora A. Murphy menemukan bahwa mencari pasangan berbincang dengan mata sangat penting untuk kecerdasan yang Anda rasakan.

"Melihat sambil berbicara adalah perilaku utama. Ini secara signifikan berkorelasi dengan IQ, berhasil dimanipulasi oleh target-target impresi dan berkontribusi pada peringkat kecerdasan yang lebih tinggi," tulis Murphy.

5. Jika Anda Kacau

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa perempuan dengan tato, peminum berat terlihat dianggap kurang menarik daripada perempuan yang tidak bertato.

"Di Inggris, paling tidak, tato di antara wanita sering dikaitkan dengan budaya 'ladette', yang biasanya melibatkan kecenderungan untuk minuman beralkohol, olahraga, mobil cepat, dan kebanyakan majalah pria," para penulis menulis.

6. Jika Dominan

Sebuah penelitian di University of Pennsylvania menemukan pria dengan kepala yang dicukup dinilai lebih dominan dibanding pria yang sama dengan rambut lebat. Secara digital, pria yang rambutnya dicukur dianggap lebih dominan dan lebih kuat dari diri mereka yang asli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.