Sukses

6 Tips supaya Liburan Akhir Tahun di Solo Makin Berkesan

Dengan begitu banyak pilihan, Anda harus merencanakan kunjungan ke Solo, Jawa Tengah. Berikut beberapa tips untuk dipertimbangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan segudang penawaran menarik, sulit rasanya menolak kunjungan ke Solo, Jawa Tengah. Mulai dari wisata kekinian, edukasi, sejarah, budaya, kuliner, hingga religi, semua bisa Anda lakoni di sini.

Berencana menghabiskan waktu libur akhir tahun di Solo? Kalau iya, ada baiknya menyimak dulu deretan tips berikut berdasarkan rekomendasi Airy Rooms agar kunjungan ke Kota Liwet makin berkesan. 

Buat itinerary

Saking banyak destinasi yang bisa disambangi, Anda sangat mungkin bingung hendak pergi ke mana dulu. Mengingat durasi liburan yang terbatas, membuat itinerary bisa jadi tips jitu agar tak membuang waktu selama berada di Solo.

Keputusannya tentu disesuaikan dengan selera Anda, namun menyisipkan beberapa nama populer seperti Taman Sriwedari, Keraton Kasunanan Surakarta, dan Kampung Batik Laweyan, harus dipertimbangkan, terutama bagi Anda yang baru pertama kali berkunjung.

Pilih transportasi sesuai kebutuhan

Anda juga perlu mempertimbangkan transportasi saat menuju atau sedang berada di Solo. Jika dari luar kota, ada moda transportasi pesawat, bus, dan kereta api yang bisa dipilih. Sesuaikan saja dengan bujet dan kebutuhan Anda.

Sementara selama berada di Solo, Anda tak perlu khawatir akan kesulitan melancong dari satu tempat ke tempat lain. Di kota ini, akses transportasi umum terbilang sangat mudah. Selain becak, ada pula Batik Solo Trans (BTS) dengan tarif relatif terjangkau.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Kuliner hingga Oleh-Oleh

Akomodasi

Tidak usah takut tak kebagian penginapan saat berpelesiran ke Solo, sebab ada banyak hotel yang bisa dijadikan pilihan akomodasi untuk beristirahat setelah seharian berkeliling kota. Salah satu yang cukup recommended adalah Airy Rooms.

Di sini, Anda dijamin bakal mendapatkan tujuh fasilitas standar seperti AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur, shower air hangat, air minum gratis, serta akses internet gratis. Agar lebih mudah dalam melakukan reservasi, download saja aplikasi Airy di smartphone Anda.

Bawa kamera

Mengabadikan momen sekarang sudah jadi bagian perjalanan, tak terkecuali saat bertandang ke Solo. Sebegitu banyak objek menarik di sini, Anda tentu bakal merasa rugi kalau meninggalkan kamera di rumah.

Wisata kuliner

Saking asyik menjelajah, jangan sampai Anda tidak sempat mencicip lezatnya kuliner setempat. Solo memiliki banyak makanan yang wajib dicoba, mulai dari nasi liwet, satai buntel, tengkleng, selat Solo, timlo Solo, dan serabi.

Persiapkan daftar oleh-oleh

Kurang lengkap rasanya kalau pelesiran ke Solo tanpa membawa buah tangan pulang. Godaan ini makin hakiki dengan cukup banyaknya pilihan oleh-oleh khas Solo yang bisa dibeli, mulai dari batik, dodol, sampai jenang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.