Sukses

6 Kawasan Wisata Memukau di Taman Nasional Komodo yang Biayanya Bakal Makin Mahal

Taman Nasional Komodo bujan hanya sekadar tempat hidup komodo. Banyak keajaiban alam memukau yang menjadi daya tarik, termasuk pantai pasir pink.

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintahan daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa hari lalu menyampaikan rencana kenaikan harga tiket masuk ke Taman Nasional Komodo. Walaupu baru sebatas rencana, hal itu sudah mendapat tentangan dari berbagai pihak karena kenaikan harganya dianggap terlalu tinggi.

Rasanya wajar saja kalau rencana tersebut banyak diprotes karena makin banyak wisatawan dalam maupun luar negeri yang ingin mengunjungi kawasan Taman Nasional (TN) Komodo.

Kecantikan alam dan rasa penasaran atas komodo adalah beberapa alasan tempat ini makin banyak dikunjungi wisatawan.Data Balai Taman Nasional Komodo menunjukkan selama Januari-Juni 2018, arus kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Komodo (TNK) mencapai 80.598 orang.

Lalu, apa saja tempat yang membuat banyak oramg tertarik ingin datang? Tentu ada banyak pilihannya. Berikut ini ada enam kawasan wisata yang indah dan menawan di Taman Nasional Komodo yang dirangkum dari berbagai sumber.

Pulau Komodo

Pulau Komodo adalah pulau terbesar di kawasan TN Komodo. Tak hanya komodo, di tempat ini Anda bisa melihat berbagai jenis burung dan rusa. Anda juga bisa melakukan snorkeling dan hiking.

Pulau Padar

Di Pulau Padar, Anda akan melihat banyak pemandangan yang menyejukkan mata. Pantainya begitu bersih dan bebas dari sampah. Beragam himbauan tertera di pintu masuk, seperti bawa pulang sampah masing-masing, gunakan kemasan makanan dan minuman isi ulang, dan yang pasti dilarang merokok.

Pulau ini juga menawarkan pemandangan yang sangat indah di puncaknya. Untuk mencapainya, Anda harus menaiki ratusan anak tangga yang memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Pulau Rinca

Selain di Pulau Komodo, hewan langka ini juga bisa dijumpai di Pulau Rinca, tepatnya di Loh Buaya. Di tiap sudut pulau, kita bahkan bisa menjumpai komodo liar.

Tapi tak perlu khawatir karena semuanya diawasi dan dijaga oleh para petugas yang cekatan dan berpengalaman. Selama 24 jam, mereka selalu memantau situasi, terutama pergerakan komodo di Pulau Rinca yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pantai Pink

Pantai merah atau Pantai Pink di Taman Nasional Komodo, NTT, sudah dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang memang memiliki warna pasir yang berbeda dari pantai lainnya. Hamparan pasir yang luas menunjukkan gradasi warna merah muda yang alami dan menawan.

Pulau Kanawa

Pulau yang berjarak sekitar 15 kilometer dari Labuhan Bajo, NTT ini sudah dikenal hingga ke mancanegara karena keindahan alam bawah lautnya. Airnya yang jernih dan pasir pantai yang lembut membuat pulau ini kerap menjadi tujuan wisata keluarga.

Berada dalam kawasan Taman Nasional Komodo, untuk sampai ke lokasi ini, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke pelabuhan penyeberangan dari Bandara Internasional Pulau Komodo. Dari pelabuhan penyeberangan, perjalanan dilanjutkan menggunakan perahu dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan, antara lain membawa perlengkapan mandi, logistik yang cukup, dan obat-obatan, serta kebutuhan sehari-hari lainnya, mengingat di pulau ini tidak ada toko yang menjual perlengkapan tersebut.

Pulau Kelor

Pulau Kelor di kawasan Taman Nasional Komodo termasuk salah satu lokasi snorkeling terpopuler. Di perairan ini terdapat 253 spesies karang dan 1000 jenis ikan. Perairan Taman Nasional komodo adalah jalur migrasi lima jenis paus dan 10 jenis lumba-lumba.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.