Sukses

5 Tempat Wisata di Singkawang yang Disebut Kota Paling Toleran di Indonesia

Singkawang di Kalimantan Barat memiliki sejumlah destinasi wisata yang indah. Kebanyakan berwujud pantai.

Liputan6.com, Jakarta – Singkawang di Kalimantan Barat ramai jadi perhatian usai dinobatkan sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia oleh Setara Institute. Singkawang memiliki banyak sebutan, mulai dari Kota Amoi, Kota Seribu Kuil, hingga Hong Kong van Borneo.

Singkawang sendiri menjadi salah satu pusat penyelenggaraan perayaan Imlek di Indonesia, selain digelar juga di kota lain, seperti Semarang dan Jakarta. Hal ini karena Singkawang menjadi tempat tinggal etnis Tionghoa terbesar di Indonesia.

Kota Singkawang merupakan kota yang berada di antara gunung dan laut. Kondisi geografis inilah Kota Singkawang punya banyak pilihan destinasi alam yang menggoda untuk dijelajahi. Berikut lima di antaranya.

Pantai Pasir Panjang

Salah satu tempat wisata di Singkawang dengan nuansa alam adalah Pantai Pasir Panjang yang terletak di Kecamatan Singkawang Selatan, sekitar 17 km dari Singkawang. Pantai ini tampak begitu cantik dengan pasir putihnya yang lembut dan barisan pohon kelapa yang menari saat diterpa angin laut.

Pantai Kura-Kura

Selain Pantai Pasir Panjang, terdapat Pantai Kura-Kura memiliki garis pantai landai dan ombak yang cukup besar yang berbatasan dengan Kabupaten Bengkayang. Berpasir putih agak kecoklatan, pantai ini kerap dijadikan sebagai tempat berenang wisatawan. Biasanya wisatawan menikmati pantai ini dengan duduk santai di gazebo tepi pantai. Selain debur ombak, panorama alam yang bisa dinikmati adanya pulau-pulau kecil di seberang. 

Pantai Batu Burung

Pantai Batu Burung terletak di Jalan Malindo Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang. Di kawasan pantai ini tersedia beragam pendopo untuk bersantai bersama keluarga. Selain itu, pengunjung juga bisa memandang hamparan batu besar yang terletak beberapa ratus meter dari daratan.

Palm Beach

Selain memiliki panorama pantai yang cantik, Palm Beach juga menyediakan beberapa atraksi, seperti offroad pantai, voli pantai, dan camping ground. Beberapa fasilitas lain di Palm Beach di antaranya resto dan kolam renang. Selain untuk tempat wisata, Palm beach ini juga cocok untuk kegiatan gathering, outbond, games, dan banyak lagi. 

Tanjung Bajau

Tanjung Bajau akrab disebut Rindu Alam. Lokasi ini berjarak 18 km dari Pasing Panjang dan Palm Beach. Tempat ini berada di antara Gunung Bajau, Gunung Kota, dan Gunung Pelapis. Tanjung Bajau berada pada ketinggian 400 meter dari permukaan laut (mdpl).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.