Sukses

APWI 2018 Bentuk Penghargaan Kementerian Pariwisata pada Media

Menteri Pariwisata senang jumlah peserta APWI 2018 semakin meningkat dan akan meningkatkan jumlah hadiah.

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Pariwisata melalui Biro Komunikasi Publik menggelar Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2018. Disediakan hadiah utama Rp 100 juta dan total hadiah Rp 300 juta bagi para pemenang.

Acara ini dipersembahkan sebagai penghargaan para pewarta pariwisata di seluruh Indonesia. Karya yang dilombakan harus terpublikasi pada periode Januari hingga November 2018 dan harus dibuktikan dengan penerbitan di majalah, surat kabar, link berita dan copy tayang.

Tema yang diangkat kali ini adalah 'Destinasi Digital'. Di mana destinasi digital yang menjadi salah satu program prioritas Kemenpar pada tahun ini gencar digaungkan Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya.

"Destinasi digital termasuk dalam program prioritas Kemenpar dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Dari target 20 juta kunjungan wisman di tahun depan (2019) diproyeksikan 50 persen merupakan wisatawan milenial," ucap Menpar Arief Yahya dalam kata sambutannya.

Kategori kepada pewarta yang diperlombakan ada lima, yaitu karya di surat kabar, majalah, media online, televisi dan blogger. Lalu ada satu penghargaan khusus yaitu Best of the Best.Malam pengumuman dan pemenang APWI 2018 digelar pada Jumat, 7 Desember 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat.

Di kategori Best of The Best, Program Inside Indonesia episode Menjajal Destinasi Digital yang dibuat oleh tim CNN TV berhasil menjadi pemenang. Dalam kesempatan itu Menpar Arief mengapresiasi jumlah peserta APWI 2018 meningkat pesat.

Bila di APWI 2017 diikuti 876 karya peserta, di tahun ini meningkat menjadi 3.279 karya peserta. "Mudah-mudahan tahun depan jumlah karyanya meningkat. Untuk hadiahnya saya tingkatkan menjadi 500 juta rupiah," tandas Arief Yahya.

Malam penganugerahan APWI 2018 yang diadakan Kementerian Pariwisata itu juga menampilkan tarian Tari Fandari Dance sebagai penari pembuka, lalu tari kontemporer dari Dea serta grup vokal Surya Vokalia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.