Ketahui Hal Ini Sebelum Belanja di Harbolnas 2018

Oleh Gilar Ramdhani pada 08 Des 2018, 08:00 WIB
Ketahui Hal Ini Sebelum Belanja di Harbolnas 2018

Liputan6.com, Jakarta Digelar pertama kali pada tahun 2012, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kini menjadi momen paling dinantikan masyarakat. Pasalnya, Harbolnas merupakan satu-satunya event besar yang diikuti ratusan e-commerce di Indonesia. Bahkan, Harbolnas mendapatkan dukungan penuh dari pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logistik, dan media.

Adanya dukungan tersebut meningkatkan angka partisipasi di Harbolnas tahun 2018. Dari partisipasi 254 e-commerce di tahun 2017, bertambah menjadi lebih dari 300 e-commerce di tahun 2018. Tentu saja, peningkatan tersebut berpengaruh pada minat belanja konsumen yang akhirnya menambah jumlah transaksi.

Nah, tahun 2018 ini, Harbolnas kembali diselenggarakan. Sebelum memutuskan untuk belanja, berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan.

● Ketahui Tanggal Pelaksanaan Harbolnas

Kapan pelaksanaan Harbolnas? Harbolnas selalu jatuh pada tanggal 12 Desember. Uniknya, di tahun 2018, Harbolnas diselenggarakan selama dua hari yakni 11-12 Desember. Tanggal 11 Desember merupakan Harbolnas edisi khusus produk lokal, dan puncaknya terjadi di 12 Desember atau 1212. Konsumen tentunya sudah bersiap menyambut pesta belanja online ini..

Terutama pada malam hari sebelum Harbolnas berakhir; konsumen menantikan deal besar-besaran di momen tersebut.

● Peserta e-commerce yang Berpartisipasi di Harbolnas

Panitia Harbolnas
Peserta e-commerce yang Berpartisipasi di Harbolnas

Seperti yang disampaikan di atas Harbolnas tahun 2018 agaknya akan diikuti lebih banyak e-commerce. Ada lebih dari 300  e-commerce yang ikut dalam event harbolnas tahun ini. Beberapa e-commerce terkenal ada Lazada, Blibli, Shopee, dan masih banyak lagi. Kamu tinggal cek infonya di situs e-commerce favorit kamu. Atau bisa juga cek info harbolnas 2018 di situs ShopBack.

● Produk Paling Laris saat Harbolnas

Supaya belanja saat Harbolnas makin menguntungkan, Anda perlu mengetahui produk terlaris dari semua e-commerce. Berikut daftarnya.

- Travel Hemat. Promo Travel Hemat cocok untuk Anda yang suka traveling atau punya rencana liburan ke destinasi eksotis. Promo ini berupa tawaran tiket pesawat murah yang melibatkan beragam maskapai.

- Diskon aneka gadget terbaru. Harbolnas merupakan momen terbaik untuk pemburu gadget yang ingin mencari smartphone terbaru dengan harga terjangkau. Diskon gadget saat Harbolnas tidak tanggung; Anda bisa menemukan potongan hingga 80%. Diskon ini pun berlaku untuk berbagai barang elektronik; dari mulai televisi, mesin cuci, sampai kulkas.

- Harga Istimewa untuk produk fesyen. Berbagai fesyen kekinian dan trendi dibanderol dengan harga spesial saat Harbolnas. Anda bisa menikmati beragam promo pakaian, sepatu, hingga aksesori. Tentu saja, semua itu tersedia di berbagai e-commerce.

- Kosmetik dengan harga hemat. Kapan lagi, Anda bisa belanja kosmetik dengan diskon besar-besaran selain di Harbolnas? Temukan berbagai produk kosmetik dari brand ternama di Indonesia maupun luar negeri saat Harbolnas.

● Pilih Merchant dan Toko Online Terpercaya

Informasi mengenai toko online dan merchant terpercaya bisa Anda dapatkan melalui situs e-commerce penyedia promo dan kupon seperti ShopBack. ShopBack merupakan situs terbaik yang menyediakan promo produk dan jasa dari berbagai merchant dan online shop. Pastikan sudah membuat akun di webnya untuk memudahkan pencarian info dan mendapatkan tambahan cashback.

● Tips Menghindari Diskon Abal-Abal saat Harbolnas

Tidak semua online shop dan merchant bisa Anda percaya meski tawaran diskonnya menggiurkan. Karena itu, terapkan tips berikut untuk menghindari diskon abal-abal.

- Mengecek validasi merchant, toko online, dan marketplace melalui web resmi Harbolnas.

- Pastikan Anda mengetahui harga pasaran produk sebelum memutuskan pembelian.

- Marketplace tepercaya biasanya memiliki sistem penyaringan untuk mencegah penipuan dari penjual.

- Anda harus terus memantau perkembangan harga beberapa saat sebelum Harbolnas. Kalau ada penurunan harga tidak wajar di momen Harbolnas, Anda perlu mencurigai adanya diskon abal-abal di situs tersebut.

- Gunakan fitur cek kenaikan dan penurunan harga di situs agregator kupon, diskon, atau flash deal. Biasanya, di situs tersebut akan ditampilkan grafik dari hari ke hari. Dengan demikian, Anda bisa memilih online shop atau merchant yang direkomendasikan.

Itulah beberapa hal yang wajib Anda ketahui sebelum pelaksanaan Harbolnas. Yuk, siapkan strategi terbaik Anda untuk menyambut Harbolnas 2018. Borong produk dan raih cashback sebanyak-banyaknya.

 

 

(*)