Sukses

Usia Tepat Memberikan Anak Gawai Pribadi Menurut Bill Gates

Bill Gates punya penilaian tentang usia tepat untuk memberikan anak gawai pribadi.

Liputan6.com, Jakarta – Bill Gates pernah terpilih sebagai orang terkaya di dunia. Dengan kekayaan yang melimpah, tentu saja ia bisa memberikan banyak materi termasuk gawai pribadi pada keluarganya, terutama anak-anaknya.

Selama ini Bill Gates dikenal sebagai seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, serta pendiri dan mantan CEO Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. Tapi apakah Bill memang memanjakan ketiga anaknya dengan memberi mereka gawai sejak kecil?

 

Kehidupan kita saat ini memang sulit dilepaskan dari gawai. Mulai dari bangun pagi, sampai kembali menutup mata, rasanya tak bisa berhenti menggunakan gawau. Dilansir dari Bio Health Plus, kebiasaan ini akan berdampak negatif kalau terus dilakukan.

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun sudah banyak kecanduan gawai baik untuk bermain game maupun menggunakan media sosial. Sangat penting bagi orangtua untuk menentukan dan mengontrol waktu yang dihabiskan anak-anak untuk bermain dengan gawai.

Yang mungkin jadi banyak pertanyaan para orangtua, berapa usia yang tepat untuk mengizinkan anak memiliki gawai sendiri. Mungkin apa yang dilakukan Bill Gates bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Ia ternyata baru menginzinkan ketiga anaknya untuk mempunyai gawai pribadi pada usia 14 tahun. Pria berusia 63 tahun ini merasa di umur 14 ketiga anaknya sudah cukup siap secara mental dalam menggunakan gawai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Penting Orangtua

Kalau batasan yang diterapkan Bill Gates menurut Anda terlalu ketat dan konservatif, mungkin bisa mengikuti proyek penelitian Children & Technology: Today's Evolution of Native Digital yang diterbitkan pada 2016.

Penelitian ini, menyebutkan usia rata-rata yang ideal bagi seorang anak bisa mendapatkan gawai pertamanya adalah 10,3 tahun. Penelitian tersebut juga menunjukkan kalau 50 persen anak-anak sudah mendapatkan akun media sosial, seperti Facebook dan Instagram, pada usia rata-rata 11,4 tahun.

Peran orangtua untuk mengatur waktu anak-anak terhadap penggunaan gawai juga sangat penting. Alasan utamanya, karena orangtua adalah contoh utama bagi anak-anak mereka.

Apa yang dilakukan Bill Gates maupun hasil peneltian tersebut mungkin bisa menjadi pertimbangan dan bahan masukan bagi para orangtua terhadap penggunaan gawai oleh anak-anak.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.