Sukses

Gandeng Si Juki, Kemenko Kemaritiman Promosi 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Lewat Komik

Pada edisi perdana, Si Juki akan berjalan-jalan ke Labuan Bajo yang merupakan satu dari 10 destinasi pariwisata prioritas.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Kemaritiman) menggandeng Si Juki untuk mempromosikan 10 kawasan strategis pariwisata nasional lewat komik serial Si Juki Jalan-Jalan Nusantara. Berkolaborasi dengan PT Elex Media Komputindo, komik itu diharapkan bisa menjangkau generasi milenial.

Dilansir Antara, Deputi Bidang Sumber Daya Alam dan Jasa Kemenko Kemaritiman Agung Kuswandono dalam acara peluncuran di Jakarta, Rabu (5/12/2018), mengungkapkan bahwa komik tersebut bertujuan membina semangat dan jiwa maritim generasi milenial.

Dengan adanya komik serial terkait jalan-jalan di berbagai kawasan pariwisata nasional, ia berharap nasionalisme dan rasa cinta Tanah Air akan meningkat di kalangan anak muda.

Ia pun mengemukakan, semakin banyaknya literasi mengenai isu kemaritiman, ke depannya juga bakal meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hal tersebut. "Semoga buku-buku ini dapat diterima dengan baik bagi generasi muda penerus cita-cita mewujudkan poros maritim dunia," ucapnya.

Ia memaparkan, pada saat ini baru ada 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Tapi, ke depannya bakal diperbanyak hingga ratusan destinasi pariwisata. Ia mengingatkan bahwa pengembangan pariwisata tidak sekadar menjual panorama, tetapi perlu dikembangkan akses dan sarana-prasarana yang baik di sana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diawali Labuan Bajo

Sementara itu, kreator Si Juki, Faza Meonk, mengungkapkan, dalam proses meriset bahan untuk komik ini ternyata menemukan bahwa kalimat "Indonesia itu Indah" merupakan hal yang benar adanya.

Selain indah, Faza juga menemukan keberagaman budaya yang sangat luar biasa. Ia menyebut, keberagaman itulah yang merupakan harta karun Indonesia. "Karena itulah, dalam cerita kali ini saya membuat konsep petualangan dengan misi rahasia yang harus dilalui Si Juki," tuturnya.

Si Juki adalah karakter komik lokal yang penjualan bukunya, menurut data Elex Media lebih dari 100 ribu eksemplar dari semua serinya sejak 2017. 

Dalam edisi perdana, Si Juki dalam petualangan mengelilingi Nusantara, berkunjung ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, dan menjelajahi sejumlah lokasi di sana seperti Bukit Cinta, Gua Batu Cermin, Pulau Padar, Pink Beach, dan Taman Nasional Pulau Komodo Manggarai Barat-Flores.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.