Sukses

Hidangan Sop Bakso Ayam Jamur yang Nikmat

Sup bakso ayam jamur bisa disajikan dalam berbagai suasana, termasuk saat musim hujan.

Liputan6.com, Jakarta – Musim hujan telah tiba. Menyantap hidangan sup bakso ayam di musim hujan bisa jadi kenikmatan tersendiri.

Dikutip dari My Little Home Cook: Diary Memasak Ibu & Anak karya Putri Habibie, tak hanya dibuat menjadi sup, resep bakso ayam ini juga bisa disulap menjadi satai bakso, bakso goreng, dan tumisan. Untuk menambah kandungan gizi, kita bisa memasukkan wortel, jamur, bahkan jagung ke dalam adonan bakso ayam.

Makaroni juga bisa menjadi tambahan bahan yang menyenangkan. Anak-anak akan sangat senang membantu membentuk bakso menjadi bulatan-bulatan menyerupai bola golf. Bakso ini bisa dibekukan dan dimasak kapan pun kita mau.

Bahan:

1/2 butir bawang bombai

10 jamur champignon

Minyak untuk menumis

1.000 gram daging ayam giling

2 butir telur1 buah wortel ukuran besar, potong dadu kecil

4 siung bawang putih, cincang halus

3 sdt garam1 sdt gula

1/2 sdt lada

Kuah Bakso:

Minyak untuk menumis, 1 butir bawang bombai, potong-potong, 5 siung bwang putih, cincang (tambah kurangi sesuai selera), kaldu ayam, 1 tongkol jagung manis serut, 2 cup sawi hijau, potong-potong.

Cara Membuat:

Cincang bawang bombai dan jamur champignon, tumis sampai harum dan layu, angkat

Campur tumisan bawang dengan daging ayam giling, telur, wortel, bawang putih, garam, gula, dan lada. Aduk rata.

Bentuk adonan daging menyerupai bola-bola, tutup dengan plastik. Simpan bakso dalam kulkas selama 1 jam

Panaskan sedikit minyak dalam panci, tumis bawang bombai, bawang putih, dan wortel sampai harum. Masukkan kaldu ayam, masak dengan api sedang sampai mendidih. Kecilkan api.

Masukkan bakso ayam, jagung manis, dan sawi hijau. Lanjutkan memasak sampai bakso ayam matang dan sawi hijau layu. Angkat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.