Sukses

5 Tips Aman Buat Perempuan yang Hobi Solo Traveling

Simak lima tips aman untuk perempuan yang suka melakukan solo traveling.

Liputan6.com, Jakarta – Traveling membuat kita bisa melihat banyak hal dan tentu akan menambah pengalaman Anda. Liburan bersama teman-teman atau keluarga memang menyenangkan. Tapi, ada juga yang lebih memilih melakukan perjalanan liburan sendirian saja (solo traveling) dengan berbagai pertimbangan.

Saat berlibur sendirian, berbagai risiko juga dihadapi sendiri saja. Misalnya, biaya yang seharusnya bisa ditekan karena bisa dibagi bila bersama teman atau keluarga,atau berbagai risiko keamanan atau hal-hal yang tidak menyenangkan lainnya.

 

Bagi perempuan yang ingin melakukan solo traveling, harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Apalagi, perempuan kadang mengalami hal tak menyenangkan ketika melakukan solo traveling. Hal itu sering membuat para wanita mengurungkan niat untuk berpergian sendirian.

Padahal tak ada salahnya melakukan solo traveling. Dilansir dari Be My Travel Muse, 23 November 2018, ada beberapa tips bagi perempuan yang ingin melakukan solo traveling.

Mempersiapkan Semua Perlengkapan

Sebelum solo traveling, catat dan siapkan semua barang dan perlengkapan yang akan dibawa. Jangan lupa membawa pakaian dan sepatu yang nyaman dipakai. Sebelum berangkat, cek kembali perlengkapan Anda dan jangan sampai ada yang terlupa karena Anda berpergian sendirian.

Pelajari budaya lokal

Mempelajari budaya lokal daerah yang dikunjungi juga sangat penting, terutama soal bahasa. Anda sebaiknya mempelajari bahasa daerah tempat tujuan untuk memudahkan komunikasi dengan warga setempat saat ingin meminta bantuan.

Tiket dan Tempat Menginap

Jangan lupa mempersiapkan tiket perjalanan dan tempat menginap. Sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan kepastian tempat menginap yang aman dan nyaman selama traveling.

Kalau ingin lebih simpel, Anda bisa mengandalkan sejumlah travel organizer yang menawarkan berbagai paket menarik. Usahakan pilih yang punya reputasi bagus dan terpercaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawa Senjata

Sebagai perempuan yang bepergian seorang diri, tak ada salahnya Anda membawa senjata untuk melindungi diri. Bukan berarti membawa senjata tajam.

Cukup dengan membawa gunting, cutter, semprotan lada atau cabai, untuk berjaga-jaga ketika diperlakukan tidak pantas oleh orang mencurigakan.

Berpenampilan Sederhana

Saat liburan dan melakukan solo traveling, sebaiknya gunakan pakaian yang biasa saja dan tidak terlalu mencolok. Intinya berpakaian apa adanya.

Hindari penggunaan riasan dan aksesoris yang berlebihan agar Anda tidak menjadi pusat perhatian oleh orang-orang di sekitar yang bisa menganggu kenyamanan liburan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.