Sukses

Mengenal Mehendi, Ritual Penting Jelang Pernikahan Priyanka Chopra

Priyanka Chopra menyebut ritual Mehendi adalah bagian penting dalam prewedding versi perempuan India.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan baru, Priyanka Chopra dan Nike Jonas secara resmi menikah dengan upacara Kristen pada Sabtu, 1 Desember 2018 di Istana Umaid Bhawan Jodhpur India. Melalui unggahan Instagram pribadinya, terlihat perayaan pernikahan mereka yang berwarna-warni. 

Salah satu upacara sebelum pernikahan yang paling penting dan menyenangkan dalam perkawinan India adalah upacara Mehendi yang ditandai dengan hiasan henna pada tangan dan kaki pengantin perempuan. Pada upacara ini, semua perempuan dari kedua pihak pengantin dan teman dekat berkumpul. Upacara ini seringkali dibarengi dengan upacara sangeet.

Dalam foto yang diunggah pengantin baru ini, Chopra tampak bahagia dalam balutan gaun tradisional India berwarna cerah karya desainer Abu Jani Sandeep Khosla. Sementara itu, Jonas mengenakan kurta rancangan desainer yang sama.

Dilansir dari culturalindia.net, Senin (3/12/18), Upacara Mehendi adalah upacara pernikahan tradisional yang sangat menarik dan menyenangkan. Terdapat penekanan pada adat istiadat dan ritual dalam pernikahan Hindu yang dilaksanakan satu atau dua hari sebelum pernikahan berlangsung. 

Mehendi merupakan salah satu bentuk seni tubuh tertua yang dikandung oleh manusia. Bahasa Hindi dan Arab dari kata Mehendi berasal dari kata Sansekerta 'mendhika' yang merujuk pada tanaman pacar yang menjadi bahan utama henna.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek Henna

Referensi untuk penggunaan pacar dapat ditelusuri kembali ke zaman Perunggu. Dalam Alkitab, pacar disebut ke Camphire.

Di sekitar anak benua India, pacar telah digunakan sebagai kosmetik, bahkan sebelum zaman Veda. India dianggap sebagai sumber dari mana tradisi seni tubuh dengan henna menyebar, ke berbagai belahan dunia seperti Mesir, Asia Kecil dan Timur Tengah.

Penggunaan henna dianggap sangat menguntungkan dalam banyak tradisi di seluruh dunia, terutama dalam Hindu. Mehendi dianggap menjadi bagian dari 16 perhiasan adat atau Solah Shringaar.

Bagi mereka yang minimalis, mereka dapat memilih desain Arab di mana motif Mehendi umumnya diterapkan pada satu sisi tangan dan kaki saja dan tidak meluas ke lengan bawah atau betis.

Mengutip dari bollywoodshaadis.com, Senin, (3/12/18), Upacara Mehendi juga dianggap sebagai simbol kesuburan. Mehendi dikenal karena sifat obatnya. Ramuannya juga sangat bermanfaat untuk pertumbuhan kuku. juga berefek pendinginan yang menenangkan stres, sakit kepala, dan demam.  (Mariany)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.