Berapa Lama Sebaiknya Mengganti Pembalut Saat Menstruasi?

Oleh Putu Elmira pada 03 Des 2018, 05:00 WIB
Diperbarui 04 Des 2018, 20:13 WIB
Berapa Lama Sebaiknya Mengganti Pembalut Saat Menstruasi?

Liputan6.com, Jakarta - Menjaga kebersihan diri sudah semestinya dilakukan oleh setiap perempuan, tidak terkecuali saat menstruasi. Justru di sase peluruhan dinding rahim ini, kondisi higienis harus sangat diperhatikan.

Namun yang harus diketahui, Anda harus tetap kebersihan saat datang bulan dengan mengganti pembalut dalam durasi tertentu. Lantas, berapa lama sebaiknya pembalut harus diganti?

Clara Agatha selaku Assistant Brand Manager PT. Unicharm Indonesia memberikan tanggapannya. Jawaban ini turut disampaikan ketika meluncurkan produk baru, Charm Cooling Fresh dengan ekstrak daun mint yang menghadirkan sensasi dingin.

"Rasa dingin akan terus ada sepanjang pemakaian. Tapi ada baiknya mengganti pembalut 3-4 jam sekali," kata Clara Agatha di Kota Kasablanka, Jakarta, baru-baru ini.

Seperti dilansir dari Boldsky, Minggu, 2 Desember 2018, mencuci dan membersihkan area intim dengan sabun lembut sebelum memakai pembalut baru akan menjaga area bersih dan bebas dari ruam. Solusinya untuk menjaga area kering sebisa mungkin.

Pemakai pembalut basah terlalu lama dapat menyebabkan beberapa keluhan para perempuan menstruasi. Sebut saja infeksi kulit, ruam kulit, infeksi vagina, dan infeksi saluran kemih.

Selain itu, membuang pembalut yang telah digunakan dengan benar harus diperhatikan. Jangan menyimpan membuang pembalut di dalam kloset karena pembalut tidak hancur. Mereka juga dapat membahayakan lingkungan dan itu mengapa Anda harus membuangnya ke tempat sampah.

Saksikan video pilihan di bawah ini: