Sukses

6 Ritual yang Dijalani Priyanka Chopra dan Nick Jonas Jelang Pernikahan

Priyanka Chopra dan Nick Jonas segera melangsungkan pernikahan. Mereka menjalani 6 ritual jelang pernikahannya.

Liputan6.com, Jakarta – Priyanka Chopra dan Nick Jonas akan menggelar pernikahan mereka di Jodhpur, India. Acara pernikahan mereka direncanakan pada, Jumat, 30 November 2018 hingga 2 Desember 2018.

Kedua pasangan ini tiba di India pekan lalu dan merayakan Thanksgiving bersama keluarga mereka. Kakak laki-laki Jonas, Joe dan kekasihnya, Sophie Turner, ikut bergabung dalam acara tersebut bersama pasangan yang segera menjadi tuan dan nyonya itu.

Dilansir dari People, Kamis, 29 November 2018, kedua pasangan ini mengadakan dua upacara pernikahan, secara Hindu dan Kristen. Bagi Priyanka, upacara India sangat penting untuk menghormati warisan dan budayanya. Begitu juga dengan Jonas, yang menghormati pendidikan Kristen-nya.

Pernikahan Hindu meliputi berbagai upacara pranikah dan banyak ritual lainnya jelang pernikahan. Berikut sederet ritual yang dijalani Priyanka dan Jonas.

Upacara Puja

Dalam tradisi Hindu, Puja merupakan meminta doa dari Dewa Ganesha agar pasangan tersebut dijauhkan dari segala marabahaya demi kebahagiaan rumah tangga mereka. Upacara ini persiapan pasangan untuk memulai hidup bersama.

Upacara Mehendi

Ritual ini dapat dianggap sebagai pesta bujang tradisional Hindu, yang biasanya berlangsung satu atau dua hari sebelum upacara pernikahan. Chopra merayakan pesta bujang ala Amerika dengan Turner dan teman-teman wanita lain di Amsterdam 3 November 2018. Semua wanita dalam keluarga pengantin dan teman wanita dekat berkumpul di rumah seseorang karena pengantin wanita memiliki henna yang rumit pada tangan dan kakinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upacara Tilak

Salah satu yang paling penting di antara semua kebiasaan pernikahan Hindu, yaitu upacara Tilak. Dalam upacara itu, ayah calon pengantin wanita memberi tahu calon pengantin pria bahwa ia layak menikahi putrinya. Ayahnya kemudian memberi pasta Tilak putih atau abu-abu ke dahi mempelai pria sebagai tanda bahwa dia diterima oleh keluarga pengantin wanita.

Upacara Haldi

Upacara Haldi atau pasta kunyit yang dicampur kayu cendana, susu, dan air mawar yang diberi anggota keluarga untuk dibubuhi oleh anggota keluarga pada wajah dan leher pengantin, tangan dan kaki, selama upacara. Kuning kunyit mencerahkan kulit pasangan dan diyakini berkhasiat dapat mencegah masalah kesehatan.

Sangeet

Dalam acara ini, para tamu menikmati makanan dan minuman yang tak ada habisnya dan bernyanyi dan menari untuk menghormati pasangan. Biasanya pesta ini dilaksanakan pada malam hari dan berlanjung sepanjang malam.

Baraat

Tradisi ini melibatkan calon pengantin pria yang tiba di tempat pernikahan dengan menunggang kuda yang dikelilingi keluarganya. Keluarganya menari dan bernyanyi sepanjang jalan menuju tempat prosesi pernikahan. Ketika pengantin tiba di tempat tersebut, orangtua pengantin wanita pun menyambut dan mendoakannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.