Sukses

Kuliner Malam Jumat: Warung Pancong Rawa Belong Tak Bikin Kantong Bolong

Warung Pancong di kawasan Rawa Belong tak akan bikin kantong Anda bolong.

Liputan6.com, Jakarta – Kue pancong termasuk jajajan legendaris yang masih ada sampai sekarang. Saat ini banyak penjual kue pancong dengan berbagai kreasi. Salah satunya yang banyak diminati adalah Warung Pancong Rest Coffee di kawasan Rawa Belong, Jakarta Barat yang lebih dikenal dengan nama Warung Pancong Rawa Belong.

Terletak di jalan Sulaiman dekat Pasar Bunga Rawa Belong, warung ini buka 24 jam dan nyaris tak pernah sepi terutama di malam hari dengan jajaran motor terparkir rapi di pinggir jalan. Warung ini didirikan oleh kakak-beradik Deden dan Utep. Sebelumnya mereka membuka warung kue pancong tradisional di kawasan Klender, Jakarta Timur yang merupakan usaha turun-temurun keluarga mereka.

Pada 2001, mereka memutuskan membuka warung pancong di kawasan Rawa Belong, sedangkan di Klender diambil-alih oleh dua adik mereka lainnya.

“Sejak awal kita sudah buka 24 jam dengan konsep warung kopi, hanya ada beberapa tempat duduk dan sedikit tempat untuk lesehan di pinggir jalan,” ujar Utep saat ditemui Liputan6.com, beberapa hari lalu.

“Awalnya warung kita sepi, tapi mungkin setelah beberapa kali diekspos media terutama televisi, mulai ramai dan lama-kelamaan alhamdulillah selalu ramai sampai sekarang ini,” lanjut Utep yang berasal dari Sumedang, Jawa Barat.

Kata Utep, banyak pelanggan mereka dari kalangan anak muda karena lokasinya tak jauh dari sebuah kampus terkemuka di daerah Jakarta Barat. Karena pengunjung yang semakin membludak, pada 2016 mereka membeli sebuah tempat kosong di seberang warung yang cukup luas.

Tempat yang juga dipakai sebagai parkiran motor itu hampir selalu penuh terutama di malam hari. Menu utama warung ini adalah kue pancong matang dan setengah matang dengan berbagai toppig dan kreasi seperti coklat, keju, pandan, green tea, strawberry, durian, dan masih banyak lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pancong Setengah Matang

Menurut Utep, yang paling favorit adalah pancong setengah matang dengan topping keju, cokelat atau cokelat keju. Rasanya enak, manisnya tidak berlebihan dan lumayan bikin kenyang. Harganya sangat terjangkau, satu porsi seharga Rp 6 ribu sampai Rp 9 ribu.

Selain itu, mereka juga menyediakan menu beragam roti bakar, pisang bakar, mi instan dan minuman hangat maupun dingin. Harganya juga terjangkau, paling mahal adalah mi instan dengan kornet dan keju yaitu Rp 15 ribu. Kalau berkunjung ke tempat ini, Anda tinggal menuliskan menu yang ingin dipesan dan juga nama Anda.

Setelah itu serahkan pada karyawan di bagian depan warung, lalu tunggu nama Anda dipanggil kalau pesanan Anda sudah selesai. Kalau ingin duduk lesehan di seberang warung yang tempatnya lebih luas, tinggal meminta nomor meja pada karyawan warung pancong dan pesanan Anda akan diantarkan saat sudah selesai.

Kalau Anda tak suka menunggu lama, sebaiknya datang ke Warung Pancong Rawa Belong di pagi atau siang hari karena biasanya pengunjung belum terlalu ramai.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.