Sukses

Tips Berlibur dengan Campervan di Selandia Baru ala Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara

Campervan bisa menjadi alternatif berlibur di Selandia Baru. Bila belum berpengalaman, simak tips yang dilakoni Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara.

Liputan6.com, Jakarta – Pasangan selebriti Indonesia, Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara, memilih Selandia Baru sebagai tempat berbulan madu pada September 2018 lalu. Pasangan yang menikah pada Mei 2018 itu mengunjungi Pulau Selatan dengan road trip menggunakan campervan.

Perjalanan menggunakan campervan (atau yang biasa disebut dengan campervanning) bisa memberikan alternatif bagi para wisatawan untuk memutuskan kapan, di mana, dan bagaimana mereka ingin menikmati liburan tanpa mengurangi kenyamanan.

Kalau Anda tertarik untuk menjelajahi Selandia Baru dengan menggunakan campervan seperti Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara, berikut tujuh tips yang dapat membantu Anda dari Tourism New Zealand, menurut keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Izin Mengemudi Internasional

Anda harus memiliki Izin Mengemudi Internasional atau 'International Driving Permit' (IDP) atau SIM dalam bahasa Inggris yang masih berlaku untuk dapat menyewa campervan dan mengemudi dengan legal. Kalau SIM Anda tidak dalam Bahasa Inggris, Anda perlu membawa terjemahan Bahasa Inggrisnya atau mengurus IDP.

Pastikan juga untuk mempelajari peraturan lalu lintas di Selandia Baru dengan mengambil tes khusus sebelum berangkat untuk pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan.

Tipe campervan

Pilih campervan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda agar bisa bepergian dengan nyaman. Secara umum, ada tiga jenis campervan yang tersedia di New Zealand: camper car, campervan, dan motorhome.

'Camper car' adalah jenis terkecil yang hanya menyediakan area tempat tidur dan tempat duduk, sementara 'campervan' - pilihan paling populer untuk wisatawan - memiliki ruang yang lebih luas untuk menyediakan dapur, toilet, serta tempat penyimpanan bagasi. 

Jika prioritas Anda adalah tingkat kenyamanan yang tinggi, coba sewa motorhome seperti yang dipakai Nadine dan Dimas ketika perjalanan bulan madu mereka. Lebih besar dan lebih luas, motorhome tidak hanya memiliki fasilitas utama yang lengkap, tapi juga tangki air dan sistem daur ulang air (grey water).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tempat Berkemah

Selandia Baru memiliki lebih dari 500 lokasi berkemah bebas secara bertanggung jawab (responsible camping) dengan berbagai pemandangan yang indah. Namun sebaiknya, Anda mengunjungi pusat informasi setempat karena masing-masing lokasi memiliki peraturan berkemah yang berbeda.

Rencanakan Rute Anda

Hindari perubahan pada menit-menit terakhir di tengah perjalanan. Caranya, dengan melakukan riset menyeluruh mengenai tempat-tempat yang ingin dikunjungi, serta waktu terbaik untuk melakukan perjalanan tersebut.

Rawat Campervan Anda

Jaga campervan Anda agar tetap bersih dan nyaman. Anda bisa mengosongkan wastewater di sarana pembuangan khusus. Sarana ini banyak ditemukan di tempat perkemahan, tetapi biasanya juga ada di beberapa tempat umum lainnya seperti tempat parkir mobil.

Membuang sampah dapat menghindari bau tidak sedap di campervan dan membantu mengurangi konsumsi bahan bakar Anda. Perhatikan juga indikator tangki bensin Anda, karena pom bensin yang banyak ditemukan di kota-kota besar, jarang tersedia di kota-kota kecil atau di sepanjang perjalanan antarkota.

3 dari 3 halaman

Persiapkan Konsumsi

Selain merencanakan rute, penting juga untuk merencanakan konsumsi Anda, baik itu untuk piknik di taman, atau makan di restoran. Anda sebaiknya memperkirakan bahan-bahan yang harus disiapkan atau dibeli, sehingga waktu makan menjadi lebih menyenangkan di Selandia Baru. Jangan lupa berhenti di pasar swalayan untuk membeli berbagai kudapan ringan.

Tetap Waspada

Penduduk Selandia Baru yang ramah akan membuat Anda merasa diterima dan aman, tetapi tidak ada salahnya untuk selalu waspada terhadap situasi apapun. Nomor darurat untuk kebakaran, ambulans, dan polisi adalah 111. Jangan takut untuk meminta pertolongan dari penduduk setempat karena mereka dikenal hangat dan ramah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.