Sukses

Cara Menyeduh Teh yang Benar agar Rasa Lebih Nikmat

Perhatian rasio teh-air dan sederet langkah lain untuk menyeduh teh dengan benar.

Liputan6.com, Jakarta - Teh tentu bukanlah sajian yang asing bagi kebanyakan orang Indonesia. Sudah menyatu bersama budaya sejumlah wilayah di dalam negeri, minuman yang disajikan dengan cara diseduh ini telah meninggalkan rasa khas.

Anda sendiri tentu sudah familiar dengan taste dari teh itu sendiri. Kalau iya, yakin telah mendapatkan rasa terbaik dari teh? Jangan-jangan selama ini rasa yang Anda dapat dari teh belum maksimal, lantaran salah menyeduhnya.

Menurut pakar teh, Ratna Somantri, cara menyeduh akan sangat memengaruhi rasa teh. Cara yang salah akan mengurangi, bahkan menghilangkan keunikan rasa dari teh itu sendiri.

"Makanya nggak bisa sembarangan," tuturnya usai menjadi juri kompetisi Tea Mixologist di SIAL Interfood di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 24 November 2018.

Pertama, harus melihat rasio teh dengan air. "Kemudian, suhu dan waktu penyeduhannya. Lain teh, lain cara penyeduhan. Makanya harus betul-betul tahu karakter si teh yang diseduh bagaimana," Ratna menjelaskan.

"Teh itu sangat banyak variasi dengan cara menyeduh yang berbeda-beda. Itu makanya teh sebenarnya lebih susah untuk disajikan," ucapnya. Ia pun menjelaskan beberapa kesalahan umum yang biasa dilakukan saat menyeduh teh.

"Teko nggak ditutup. Itu buat aroma tehnya hilang. Terus suhu juga turun lebih cepat. Jadi, rasa teh yang dihasilkan kurang maksimal. Kemudian, ada yang takaran teh terlalu sedikit, akhirnya rasa teh nggak terasa," paparnya.

Cara penyeduhan yang benar, menurut Ratna, bakal membuat Anda bisa mencicip rasa teh sesungguhnya. "Karena teh tanpa dicampur apa pun ada karakter peach, floral, dan fruity. Ketika dinikmati, ada sensasi rasa. After taste-nya juga enak. Itu teh yang enak karena diseduh dengan benar," tuturnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.