Sukses

Simak, Tiga Fakta Menarik Tentang Mandalika

Tiga fakta menarik tentang KEK Mandalika yang wajib kamu ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo telah menetapkan Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Destinasi ini juga sudah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sebagai destinasi prioritas atau 10 Bali Baru. 

Mandalika memang memiliki alam dan budaya yang menakjubkan. Selain itu, KEK ini juga punya beberapa fakta menarik. Apa saja?

1. Nama Mandalika berasal dari kisah rakyat

Nama Mandalika berasal dari kisah rakyat yang terkenal di Suku Sasak di Lombok. Kisah ini menceritakan tentang seorang putri cantik bernama Mandalika yang banyak diperebutkan oleh para lelaki. Dirinya pun harus bersemadi karena banyak lelaki yang mempersentungnya. Namun, akhirnya Mandalika memutuskan untuk menjatuhkan diri ke laut untuk menghindari konflik antara para lelaki itu. Ia pun hilang ditelan oleh ombak.

2. Jadi destinasi alternatif di NTB

KEK Mandalika terus dikembangkan sebagai destinasi liburan prioritas. Sejauh ini sudah ada delapan investor yang tertarik membangun hotel atau resor di sana. KEK Mandalika pun telah siap menjadi destinasi liburan alternatif saat wisatawan hendak berlibur ke Nusa Tenggara Barat (NTB).

3. Dikelilingi desa adat

Saat berlibur ke Mandalika, wisatawan juga bisa sekalian tur desa adat. Pasalnya, tak jauh dari KEK Mandalika ada Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende khas masyarakat Sasak. Kedua desa adat ini memiliki keindahan alam dan keunikan budaya yang juga patut dilihat.

Nah, itu dia tiga menarik tentang KEK Mandalika. Apabila Anda mau tahu lebih lanjut tentang KEK Mandalika, coba cek video di bawah ini, yuk!  

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.