Lebih Dekat dengan Sultan Muhammad V, Raja Malaysia yang Menikahi Miss Moscow 2015

Oleh Komarudin pada 28 Nov 2018, 05:00 WIB
Diperbarui 30 Nov 2018, 04:13 WIB
Seperti apa sosok Sultan Muhammad V, lelaki yang menikahi Miss Moscow itu?

Liputan6.com, Jakarta - Nama Kepala Monarki sekaligus Kepala Negara Malaysia, Sultan Muhammad V ramai jadi perbincangan usai beredarnya kabar dirinya telah menikahi Miss Moscow 2015, Oksana Voevodina, pada 23 November 2018.

Sebelumnya, ia sempat dikabarkan akan menikahi putri Anwar Ibrahim, Nurul Izzah, namun kabar tersebut tak terbukti. Seperti apa sosok Raja Malaysia ini?

Pria kelahiran Kota Bharu, Malaysia, 6 Oktober 1969 itu adalah Yang di-Pertuan Agong Malaysia ke-15 dan Sultan Kelantan ke-29. Ia menjadi yang di-Pertuan Agong sejak 13 Desember 2016.

Lelaki bernama lengkap Tengku Muhammad Faris Petra lbni Sultan lsmail Petra, merupakan putra sulung Sultan Kelantan, Sultan Ismail Petra Ibni Al-Marhum Sultan Yahya Petra.

Ia dikaruniai 3 orang adik, yaitu Yang Amat Mulia Tengku Muhammad Faiz Petra lbni Sultan Ismail Petra, Yang Amat Mulia Tengku Muhammad Fakhry Petra lbni Sultan lsmail Petra, dan Yang Amat Mulia Tengku Amalin Aisyah Putri lbni Sultan lsmail Petra.

Adiknya, Tengku Muhammad Fakhry Petra, sempat menikah dengan model Manohara Odelio Pinot. Pernikahan mereka sempat menjadi perbincangan hangat di Tanah Air. Namun, mereka bercerai pada 2009.

Sultan Muhammad V menikah dengan Tengku Zubaidah Tengku Norudin pada 2004. Namun beberapa tahun kemudian, mereka bercerai.

Ia menjadi Yang di-Pertuan Agong pertama dalam sejarah Malaysia yang bertakhta tanpa seorang Ratu karena berstatus duda. Kabar bahagia itu pun akhirnya datang, Sultan Muhammad V menikahi Miss Moscow 2015, Oksana Voevodina.

Saksikan video pilihan di bawah ini: