Sukses

5 Negara Paling Aman bagi Perempuan di Dunia, Mana Saja?

Kekerasan seksual yang mengintai perempuan tak juga berhenti. Tapi, lima negara berikut dianggap paling aman bagi perempuan.

Liputan6.com, Jakarta - Bertujuan untuk mengurangi risiko kekerasan dan menjamin hak perempuan untuk bisa memiliki tempat aman dan juga nyaman, Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan mengadakan perayaan 16 Hari menolak kekerasan seksual terhadap perempuan yang dimulai sejak 25 November hingga 10 Desember yang dilakukan setiap tahunnya melalui kampanye internasional.

Dilansir Antara, Selasa, 27 November 2018, kampanye tersebut dijadikan momentum bagi Indonesia untuk mengesahkan Rancangan Undang-Undang tentang Penghapusan Kekerasan Seksual atau RUU P-KS. Undang-undang ini diharapkan untuk melindungi perempuan Indonesia dari kekerasan seksual.

Nah, bicara mengenai tempat aman, Riset US News & World Report menemukan saat ini ada lima negara paling aman dan nyaman buat ditinggali kaum perempuan. Riset tersebut dilakukan pada 9.000 perempuan di masing-masing negara yang memiliki hak asasi, kualitas gender, persamaan pendapatan, keamanan dan kemajuan terbaik buat para perempuan.

Berdasarkan penelitian itu, mengutip dari Businessinsider, berikut daftar negara yang aman bagi perempuan di seluruh dunia. 

1. Denmark

Perempuan di negara bisa merasa sangat aman dan nyaman. Perempuan juga diperlakukan sangat baik di dunia pekerjaan. Perempuan mendapat hak cuti yang paling fleksibel di Eropa. Mereka juga berkesempatan mendapat gaji terbaiknya tidak berbeda dengan para pekerja pria.

2. Swedia

Pada 2017, Swedia berhasil dinobatkan sebagai negara paling aman dan nyaman nomor satu untuk perempuan. Selain pemandangannya yang indah, masyarakat Swedia pun terkenal ramah kepada wisatawan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Negara Lain

3. Norwegia

Norwegia menjadi negara terbaik nomor tiga dari 144 negara di dunia. Perempuan di sini mendapat kesetaraan gender yang baik dan mendapat hak cuti persalinan terbaik jika dibandingkan negara-negara lain di dunia.

4. Belanda

Negara yang menduduki posisi ke empat adalah Belanda. Perempuan di Belanda mendapat kesetaraan gender lebih baik. Sedikitnya kesenjangan gender yang ada, malahan membuat perempuan di sini mendapat fasilitas kesehatan, pendidikan, politik dan ekonomi yang cukup setara dengan para pria.

5. Finlandia

Finlandia memiliki lingkungan yang ramah dan aman buat perempuan. Tak hanya itu, perempuan mendapat tawaran hak yang tidak terbatas untuk memilih dan dipilih di parlemen di negara ini. (Mariany)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.