Sukses

13 Cara Menghaluskan Telapak Tangan yang Kasar Secara Alami di Rumah

Kulit tangan yang kapalan dapat menganggu kita dalam berinteraksi sosial seperti saat kita berjabat tangan

Liputan6.com, Jakarta Pernah nggak sih kamu merasa telapak tangan kasar? Apalagi saat sedang bersalaman, rasanya pasti sangat malu dan tidak percaya diri. Ya, telapak tangan memang kurang mendapatkan perhatian, nggak heran kalau tidak halus. Perawatan yang kurang pada telapak tangan dapat mengakibatkan kapalan dan kulit mengelupas.

Kulit tangan yang kapalan dapat menganggu kita dalam berinteraksi sosial seperti saat kita berjabat tangan. Kondisi ini membuat kita kurang percaya diri.

Salah satu penyebabnya, pekerjaan yang menggunakan telapak tangan secara berlebihan dan kasar. Hal ini dapat menyebabkan telapak tangan menjadi kapalan dan pecah-pecah. Kurang mengkonsumsi air putih, buah dan sayur juga dapat menjadi penyebab kerusakan pada telapak tangan.

Berikut bagaimana cara agar tangan yang kasar menjadi halus secara alami seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/11/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Lidah buaya

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar bisa dengan lidah buaya. Tanaman daun berduri ini memiliki berbagai manfaat bagi kulit seperti melembabkan kulit, mendetokfikasi kulit, serta memperbaiki dan meremajakan kulit. Kandungan vitamin C, E yang sangat baik untuk kulit. Dapat membantu menghaluskan kulit salah satunya kulit telapak tangan

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan lidah buaya yaitu pisahkan daging Lidah buaya dari kulitnya, kemudian cuci hingga bersih. Haluskan menggunakan blender hingga benar-benar halus. Oleskan pada seluruh permukaan telapak tangan hingga merata. Tunggu beberapa saat kira-kira 10 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat

 

3 dari 12 halaman

2. Minyak kelapa

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar bisa menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa sangat baik untuk merawat kulit. Minyak kelapa dapat membantu melembutkan kulit. Minyak kelapa dapat digunakan untuk melakukan perawat pada telapak tangan yang kurang sehat dan kapalan.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar yakni melakukan pijatan halus pada telapak tangan menggunakan minyak kelapa. Melakukan hal ini juga dapat membantu merelaksasi kulit agar lebih sehat dan halus. Pijat perlahan telapak tangan menggunakan minyak kelapa selama 5 menit

 

4 dari 12 halaman

3. Teh

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan menggunakan teh. Teh memiliki antioksidan yang tinggi yang yang dapat membantu meremajakan kulit, sehingga membuat kulit menjadi halus. Teh juga dapat membunuh bakteri yang dapat merusak kulit, serta dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan kulit menjadi kasar.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan teh yaitu pertama-tama rendam telapak tangan menggunakan teh yang telah direbus, kurang lebih selama 10 menit kemudian lap hingga kering. Lakukan 3 kali dalam seminggu.

 

5 dari 12 halaman

4. Lemon, madu dan baking soda

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar yaitu campurkan ketiga bahan tersebut. Berikan sedikit air, aduk hingga membentuk pasta. Gunakan sebagai masker pada telapak tangan, tunggu hingga kering, lalu bilas menggunakan air hangat.

 

6 dari 12 halaman

5. Madu

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan madu. Madu memiliki kandungan vitamin, anti oksidan, dan potasium yang sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit. Kulit yang selalu lembab akan terhindar dari kerusakan dan kulit kasar. Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan madu yaitu pijat perlahan telapak tangan menggunakan madu selama 5 menit lakukan secara berkala.

6. Gula dan madu

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan gula dan madu. Oleskan merata campuran gula dan madu pada telapak tangan secara teratur agar memperoleh hasil yang maksimal.

 

7 dari 12 halaman

7. Minyak zaitun

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan minyak zaitun. Kandungan vitamin C, D, dan anti oksidan pada minyak zaitun dapat membantu meremajakan kulit. Kandungan vutamin E pada minyak zaitun dapat memberikan minyak alami yang dapat menjaga kelembaban kulit sehingga kulit terhindar dari kekeringan yang membuat kulit menjadi kasar.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan minyak zaitun yaitu hangatkan minyak zaitun terlebih dahulu kemudian oleskan pada tangan. Lakukan 3 kali dalam satu minggu.

 

 

 

 

 

8 dari 12 halaman

8. Garam

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar juga bisa dengan garam. Garam dapat membantu kita melakukan detox yaitu mengeluarkan racun ditubuh. Garam juga bisa menghilangkan racun pada kulit yang dapat membuat kulit tidak sehat, kusam, dan mengelupas.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengangaram yakni masukkan garam ke dalam air hangat. Lakukan perendaman telapak tangan sesering mungkin agar menjadikan telapak tangan kita sehat, indah, dan halus.

9. Garam dan minyak zaitun

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan garam dan minyak zaitun. Siapkan 4 sendok makan garam halus, beri 2 sendok makan minyak zaitun lalu aduk hingga rata. Oleskan pada telapak tangan selama 20 menit. Dengan merawat menggunakan garam dan minyak zaitun dapat membuat telapak tangan anda menjadi halus dan lembut.

9 dari 12 halaman

10. Jeruk nipis

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar bisa dengan jeruk nipis. Vitamin C yang terkandung pada jeruk nipis dapat membantu pembentukan kolagen yang berfungsi menjaga elastisitas kulit serta dapat membantu melembutkan kulit.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan jeruk nipis yakni menggosok-gosokkan jeruk nipis pada telapak tangan selama 5 menit. Kemudian cuci menggunakan air dingin. Di pagi dan sore hari untuk mempercepat perawatan, lakukan rutin setiap hari.

10 dari 12 halaman

11. Susu cair

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar bisa dengan susu cair. Kandungan toner alami pada susu juga dapat menjadikan telapak tangan menjadi cerah dan bersih. Susu juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk merawat kulit. Dengan memberi kelembaban alami pada kulit.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan susu cair yaitu celupkan telapak tangan ke dalam wadah yang berisi susu cair selama 5 menit. Kemudian bilas air dingin.

11 dari 12 halaman

12. Kentang

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar bisa menggunakan kentang. Kentang memiliki antioksidan yang tinggi yang membantu mengangkat sel kulit mati dari kulit yang menyebabkan kulit menjadi, kusam dan kasar.

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan kentang yaitu parut kentang secukupnya. Oleskan merata pada telapak tangan. Gunakan sebagai masker tangan tunggu hingga mengering lalu bilas menggunakan air hangat lakukan rutin secara berkala.

12 dari 12 halaman

13. Ampas kopi

Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar juga bisa dengan ampas kopi lho. Ampas kopi dianggap sebagai sampah yang tak bernilai. Biasanya dibuang begitu saja saat kita mencuci gelas sisa menyeduh kopi. Kopi mengandung anti oksidan yang sangat tinggi untuk mencegah kuman yang masuk kedalam kulit tangan anda. Cara menghaluskan telapak tangan yang kasar dengan ampas kopi yaitu ratakan ampas kopi pada telapak tangan kira-kira 15 menit kemudian bilas mengunakan air dingin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.