Tes Psikologi, Mana 1 dari 3 Gambar Ini yang Bukan Keluarga?

Oleh Asnida Riani pada 27 Nov 2018, 02:00 WIB
Diperbarui 27 Nov 2018, 02:00 WIB
Kuis psikologi
Perbesar
Kuis psikologi. (dok. brightside.me/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda tahu kalau hubungan psikologi dengan orang lain sama pentingnya dengan kesehatan fisik? Dikutip dari Brightside.me, Senin, 26 November 2018, sebuah studi menunjukan, orang dewasa yang mengisolasi diri punya risiko sakit sama tinggi dengan mereka yang tidak aktif secara fisik.

Hubungan pertama Anda dan banyak orang hampir selalu dimulai dari keluarga. Begitu lekat, gambaran ini mungkin Anda bawa hingga kini sudah dewasa. Karenanya, melihat foto keluarga bisa menggambarkan keadaan psikologi Anda.

Jadi, sudah memerhatikan gambar di atas dan menyimpulkan mana yang bukan sebuah keluarga menurut Anda? Kalau iya, mari simak ulasan berikut dan ketahui kondisi psikologi Anda berdasarkan bentukan keluarga.

Kuis psikologi
Perbesar
Kuis psikologi. (dok. brightside.me/Asnida Riani)

Jika jawaban Anda adalah keluarga pertama, Anda cenderung bukan tipe family-oriented, setidaknya tidak secara tradisional. Anda terbiasa memperlakukan teman dekat Anda seperti keluarga dan membantu mereka membuat Anda senang.

Anda sangat menikmati membawa kebahagiaan ke kehidupan orang lain. Jenis keluarga ini mungkin bukan yang paling bahagia, tapi tetap keluarga sebenarnya. Ibu sangat jelas peduli dengan anaknya, sementara sang ayah lebih cuek.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Membaca Keadaan Psikologi Anda Lewat Foto Keluarga

Kuis psikologi
Perbesar
Kuis psikologi. (dok. brightside.me/Asnida Riani)

Kalau jawaban Anda malah keluarga ke-2, Anda tipe family-oriented. Bagi Anda, tidak ada yang lebih berharga dari keluarga. Anda percaya hubungan yang dibangun berdasarkan kepercayaan dan komitmen akan berlangsung dalam jangka panjang.

Anda kemungkinan menyadari orang di gambar di aas tidak terlihat sebagai sebuah keluarga. Orangtua tidak memberi perhatian pada anak dan si anak tidak berusaha menggandeng tangan kedua orangtuanya. Anda mungkin malah berpikir mereka adalah orang asing yang kebetulan jalan bersama.

Kuis psikologi
Perbesar
Kuis psikologi. (dok. brightside.me/Asnida Riani)

Bila memilih kelurga ke-3, Anda datang dari keluarga dengan situasi kurang baik. Karena masa kecil yang penuh dengan trauma, Anda sangat sulit percaya pada orang lain. Anda sangat mudah gugup dan berinteraksi dengan orang lain jadi tantangan tersendiri bagi Anda.

Orang di gambar di atas terlihat sebagai keluarga bahagia. Orangtua terlihat berdekatan ketika berjalan dan ayah memegang tangan anaknya. Besar di keluarga yang sama sekali berbeda membuat Anda tak yakin gambar tersebut memang gambaran dari situasi sebenarnya.

Lanjutkan Membaca ↓