14 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam Secara Alami, Aman dan Ampuh

Oleh Septika Shidqiyyah pada 24 Nov 2018, 15:33 WIB
Kulit Kering

Liputan6.com, Jakarta Semua orang pasti menginginkan memiliki kulit yang sehat dan bercahaya. Tak heran, kulit kering menjadi salah satu momok yang menakutkan. Beragam cara mengatasi kulit kering pun dilakukan agar bisa mendapatkan kulit indah impiannya. Pasalnya, ruam, kulit terkelupas, penuaan, garis-garis halus, dan kerutan bisa muncul pada kulit kering.

Permasalahan kulit kering terjadi akibat akumulasi dari kulit yang kering di beberapa bagian. Kulit kering dan kusam ini tentu membuat kamu kurang percaya diri. Untuk mengatasinya, kulit membutuhkan nutrisi yang bisa didapatkan dari pelembap. Selain itu kulit kering membutuhkan hidrasi, makanan, dan kelembaban yang lebih sering ketimbang kulit normal ataupun berminyak.

Uumumnya kulit yang mengering disebabkan oleh cuaca dingin atau kosmetik dan sabun yang kamu gunakan. Kelenjar sebaceous di dalam kulit yang lamban memproduksi minyak alami juga bisa menyebabkan kulit kering. Selain itu riasan kosmetik, perubahan iklim, pemakaian obat-obatan tertentu, dermatitis kontak juga dapat menjadi penyebab lainnya. Lebih lanjutnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (24/11/2018) penyebab kulit kering dan cara mengatasi kulit kering.

2 of 4

Penyebab kulit kering

Ini Bedanya Antara Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi (yurakrasil/Shutterstock)
(yurakrasil/Shutterstock)

1. Cuaca dingin dan kelembapan udara rendah

Situasi ini biasanya bukan masalah besar bagi negara tropis seperti Indonesia. Indonesia juga salah satu negara tropis dengan kelembapan udara tergolong tinggi. Namun, seiring meningkatnya penggunaan pendingin udara, risiko kulit kering semakin meningkat. Suhu AC terlalu dingin dapat menyebabkan lingkungan kurang lembap dan membuat kulit kering bila terlalu sering berada dalam ruangan.

2. Mandi dengan air terlalu panas

Kebiasaan mandi menggunakan air yang telalu panas dapat menyebabkan kelembapan alami kulit mudah hilang dan membuat kulit mudah kering. Pastikan temperatur air mandi kamu tidak terlalu panas agar kelembapan kulit tetap terjaga.

3. Mandi terlalu lama

Kebiasaan ini dapat membuat semakin banyak air yang menguap dari tubuh. Kulit memang melakukan kontak langsung dengan air ketika mandi. Namun setelah mandi, air di permukaan tubuh justru menguap dan berisiko membuat kulit kering . Untuk menjaga kelembapan kulit, batasi waktu mandi sekitar 5-10 menit saja.

4. Penggunaan sabun atau bahan antiseptik berlebihan

Kebiasaan ini bisa menyebabkan kulit menjadi kencang dan kesat. Rasa kesat setelah mandi bukan berarti kulit bersih, melainkan tkamu lapisan minyak alami kulit hilang dan kulit menjadi kering. Semakin sering terkena sabun, semakin banyak lapisan minyak pada kulit yang hilang. Hal yang sama juga terjadi ketika kamu berlebihan menggunakan bahan antiseptik.

5. Terlalu sering menggosok tubuh (scrubbing)

Scrubbing memang diperlukan agar kulit mati bisa hilang, namun terlalu sering menggosok tubuh justru membuat permukaan kulit menjadi rusak. Penggunaan alat bantu mandi seperti batu apung, spons kasar, atau bahan kasar lainnya memang membuat kulit terasa lebih bersih. Namun, sebaiknya hanya gunakan tangan atau lap lembut untuk membersihkan tubuh.

6. Gesekan berlebihan antara tubuh dan handuk membuat permukaan kulit menjadi kering.

Setelah mandi, mayoritas orang terbiasa mengeringkan tubuh dengan cara menggosok-gosokkan handuk pada seluruh bagian tubuh. Mengeringkan tubuh dengan menepuk-nepuk handuk secara lembut dapat menjaga kelembapan kulit kamu. jangan lupa gunakan produk pelembap untuk mempertahankan kelembapan kulit kamu sepanjang hari.

7. Mengonsumsi obat tertentu dapat menyebabkan kulit kering.

Jenis obat yang bisa menyebabkan kulit kering antara lain obat jerawat, darah tinggi, dan kolesterol.

Sebelum mengatahui cara mengatasi kulit kering secara alami, kamu juga perlu menyimak kesalahan umum yang sering dilakukan saat merawat kulit kering.

3 of 4

Kesalahan merawat kulit kering

1. Tidak menggunakan masker sebelum tidur

Perawatan malam sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Serum dan pelembap adalah rutinitas yang sebenarnya sudah mulai kamu lakukan. Selain itu, masker wajah juga penting untuk memberikan hidrasi, mengatasi kemerahan, dan kulit pecah-pecah.

2. Menggunakan pelembab berbasis minyak

Pahami jenis kulit kamu dan kebutuhannya. Hindari produk yang berbahan dasar minyak dan sebagai gantinya, carilah pelembap dengan asam laktat karena kandungan asamnya akan menghilangkan lapisan kulit mati lebih baik daripada pelembap yang kaya minyak.

3. Terlalu fokus pada pengobatan, bukan pencegahan

Sangat mudah untuk melihat kulit kering, mengoleskan pelembap, kemudian mengulangi prosesnya sesuai kebutuhan. Jika kamu rentan terhadap kulit kering, mulai gunakan pelembap setiap hari setelah mandi. Jika kamu masih malas melakukannya secara rutin, kulit kering akan terus menjadi masalah, bahkan semakin buruk.

Setelah mengetahui penyebab kulit kering, yuk simak beberapa cara mengatasi kulit kering secara alami berikut ini.

4 of 4

Cara mengatasi kulit kering secara alami

1. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang bergizi dan minum air putih

Salah satu cara mengatasi kulit kering secara alami, yakni dengan membenahi apa saja makanan yang dikonsumsi. Jika selama ini kamu kurang menyukai sayuran dan buah-buahan, mulai sekarang perbanyaklah mengkonsumsi makanan tersebut. Selain itu, rajinlah mengkonsumsi air putih agar kulit terhidrasi dengan baik. Hal ini tak hanya membuat masalah kulit kering teratasi, namun kamu pun akan menjadi lebih segar.

2. Mengonsumsi cranberry

Cranberry terkenal dapat memberikan hidrasi bagi kulit kering. Cara mengatasi kulit kering secara alami yakni dengan minum segelas jus cranberry setiap hari. Selain itu menambahkan satu sendok teh bubuk akar dandelion dapat membantu megeluarkan garam berlebih dalam tubuh yang cenderung menyebabkan kulit mengalami dehidrasi.

3. Makan ikan

Para ahli juga menyarankan kamu untuk banyak makan ikan sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. Cobalah menyeimbangkan diet kamu dengan lebih banyak mengonsumsi ikan dan sayuran untuk memberi tubuh dosis asam lemak dan vitamin, membuat kulit lebih kenyal dan terhidrasi.

4. Menggunakan pelembap alami

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembap alamai. kamu bisa menggunakan Bubuk almond, minyak argan, dan madu yang bisa memberi pengelupasan pada kulit wajah. Pastikan untuk mencampurkan bubuk almond hingga halus guna menghilangkan bagian bergeriginya yang mungkin dapat menggores permukaan kulit.

5. Gunakan lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan terbaik yang dapat digunakan sebagai kosmetik dan obat alternatif. Kandungan nutrisi yang terdapat pada lidah buaya dapat membantu melawan sengatan matahari dan kulit kering. Cara mengatasi kulit kering secara alami dengan lidah buaya adalah kamu dapat menggunakan krim yang terbuat dari gel lidah buaya dan minyak almond. Jika memiliki masalah kulit kering pada bagian yang berambut, kamu tidak perlu mencukur terlebih dahulu. Krim ini dapat melumasi daerah berambut yang mengalami kulit kering.

6. Gunakan minyak kelapa

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak ini merupakan salah satu bahan herbal yang sederhana nan ekonomis guna memerangi kulit kering. Jika kamu mengalami kulit kering, minyak kelapa dapat dioleskan pada bagian tersebut. Tak hanya kulit, jika mengalami bibir kering, kamu juga dapat memanfaatkannya dengan mengoleskannya pada bagian tersebut. Minyak ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit.

7. Perawatan dengan yogurt dan telur

Kandungan protein dan lemak baik dalam telur juga yogurt dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. Kombinasi kandungan keduanya juga membantu menyehatkan dan melindungi kulit dengan mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan radikal bebas dari polusi udara. Untuk membuatnya, gunakan yogurt murni tanpa tambahan gula dan perasa. Cara mengatasi kulit kering secara alami dengan yoghurt dan telur adalah, ambil beberapa sendok yoghurt dan campurkan telur ke dalamnya. Oleskan campuran ini langsung ke kulit dan pijat perlahan sampai meresap sempurna. Biarkan hingga kurang lebih 10 menit sebelum dibersihkan. Usahakan untuk membilasnya dengan air hangat sampai bersih.

8. Gunakan Gliserin

Selain kedua bahan di atas, kamu dapat menggunakan gliserin untuk memerangi kulit kering. Menggunakannya secara rutin pun dapat melembutkan kulit. Namun demikian, pastikan gliserin yang kamu beli bebas dari pewarna tambahan. Untuk menggunakan sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami, kamu cukup mengoleskan gliserin sesuai keinginan. Jika kamu mengalami kulit kering yang cukup parah, gunakan gliserin setiap dua jam sekali. Ketika masalah sudah semakin teratasi, kamu dapat menguranginya sedikit demi sedikit.

9. Masker alpukat

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan alpukat sebagai maker. Gunakan campuran alpukat dan madu sebagai perawatan kulit kering. Asam lemak dalam campuran alpukat memiliki sifat alami antibakteri. Sedangkan madu dapat menghidrasi kulit kering untuk melawan noda.

10. Teh hijau

Cara mengatasi kulit kering secara alami selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan di rumah dengan menggunakan teh hijau. Cara mengatasi kulit kering yakni dengan menggunakan Teh hijau, minyak kelapa, minyak almond, minyak vitamin E, dan minyak lavender. Kombinasi teh hijau dengan salah satu minyak essensial tersebut dapat menenangkan kulit kering dan kulit sensitif yang sedang mengalami iritasi.

11. Krim susu

Sejak dahulu susu banyak dimanfaatkan untuk kecantikan. Salah satunya sebagai cara mengatasi kulit kering. Cara mengatasi kulit kering dengan susu yakni dengan menerapkan krim susu segar di kulit setiap hari. Langkah ini akan membantu melembabkan kulit, menghapus kulit terbakar dan lingkaran hitam.

12. Minyak Almond

Minyak almond terkenal karena memiliki manfaat untuk kecantikan. Salah satunya sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami. kamu cukup oleskan minyak pada kulit kering dan pijat dengan lembut. kamu juga dapat menambahkan aloe vera atau lidah buaya untuk hasil yang lebih baik dan lebih cepat. Campurkan satu sendok teh aloe vera dan satu sendok teh minyak almond lalu oleskan pada kulit yang kering.

13. Bergerak

Selain melakukan perawtan, cara mengatasi kulit kering lainnya adalah dengan bergerak atau berolahraga. Kardio akan meningkatkan detak jatung, memompa darah lebih cepat melalui pembuluh darah, dan menyuplai lebih banyak oksigen ke dalam sel.

14. Menyikat kering dan mencuci kulit dengan air dingin

Mandi air panas memang menyenangkan, namun hal ini sekaligus membuat kulit menjadi kering. Oleh sebab itu cara mengatasi kulit kering adalah dengan menyelesaikan mandi dengan menggunakan air dingin. Pasalnya, air dingin akan merangsang sistem saraf tubuh. Selain itu, sikat kering bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengelupas kulit.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by