Sukses

6 Manfaat Tak Terduga Alkohol untuk Merawat Rumah

Selain bisa mengobati luka, ada 6 manfaat alkohol bagi kehidupan kita.

Liputan6.com, Jakarta - Alkohol termasuk zat yang bersifat korosif sehingga tak banyak yang memanfaatkannya untuk membersihkan rumah. Meski demikian, bukan berarti zat ini tidak bisa dimanfaatkan.

Dalam dunia kesehatan, alkohol sering digunakan untuk membersihkan luka karena memiliki kandungan antiseptik. Tapi, alkohol juga bisa digunakan untuk menangani persoalan pekerjaan rumah karena memiliki sifat antibeku dan pelarut.

Dilansir dari Readers Digest, 16 Mei 2018, ada enam manfaat yang dapat Anda lakukan dengan alkohol selain untuk menyembuhkan luka. Alkohol yang digunakan umumnya yang berkadar 70 persen.

1. Melepas Perban

Kalau Anda mau melepas perban dan ternyata tidak mudah lepas, ambil sebotol alkohol. Basahi ujung perekat perban dengan alkohol dan diamkan selama beberapa detik. Alkohol akan membantu melarutkan perekat, sehingga Anda bisa menarik atau melepas perban tanpa rasa sakit.

2. Membunuh Jamur Kaki

Jamur kuku kaki termasuk kondisi yang sulit untuk dihindari. Untungnya, alkohol bisa membantu membunuh jamur dengan cara merendam kaki. Isi ember dengan alkohol dan air secukupnya, kemudian rendam kaki Anda sekitar 20-30 menit.

3. Membersihkan Kacamata

Kalau Anda kesal dengan semua noda pada lensa kacamata baca dan kacamata hitam yang sulit hilang, tak usah khawatir. Anda dapat membuat semprotan pembersih kacamata yang efektif di rumah dengan menggunakan kain microfiber dan dibasahi dengan sedikit alkohol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menghapus Tinta

Salah satu benda yang bisa dipakai secara berulang adalah wadah plastik dari produk makanan. Agar pemakaian wadah tersebut lebih rapi, Anda bisa menghapus tinta gambar di wadah tersebut dengan menggunakan alkohol. Caranya, cukup gunakan kapas dan sedikit alkohol, tinta gambar langsung bisa terhapus.

5. Membersihkan Minyak

Anda juga bsa menggunakan alkohol untuk membersihkan penumpukan lemak di atas kompor atau microwave. Basahi saja kain microfiber dengan alkohol dan kuas hingga bersinar dan lemak atau minyak menghilang.

6. Menghilangkan Noda

Kalau ada tanda lecet atau noda di lantai dan ditembok, sebaiknya jangan menghabiskan waktu berjam-jam untuk menggosoknya. Cukup ambil botol alkohol, lalu gosok perlahan menggunakan lap untuk menghilangkan tanda lecet atau noda yang membandel.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.